Mohon tunggu...
Nunik Utami
Nunik Utami Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis

Penulis, Blogger, Editor Buku, Trainer Penulisan https://www.nunikutami.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

5 Keuntungan Konsultasi Online Sebagai Inovasi Pelayanan Kesehatan

5 Juli 2022   20:09 Diperbarui: 5 Juli 2022   20:15 113 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar: Unsplash

Kemajuan teknologi sudah merambah ke semua bidang, termasuk kesehatan. Sekarang, semua pihak dimudahkan dan diuntungkan dengan adanya konsultasi online.

Konsultasi online (telekonsultasi) adalah layanan kesehatan yang bisa dilakukan secara jarak jauh, dengan menggunakan gadget. Adanya telekonsultasi ini kita bisa menghubungi dokter, berkonsultasi tentang kondisi kesehatan, mendapatkan saran perawatan, obat serta tindakan medis.

Keuntungan Konsultasi Online

Ada 5 keuntungan  dari pelayanan konsultasi online berkat manfaat internet di bidang kesehatan, yaitu:

1. Memudahkan informasi kesehatan

Ada orang yang tidak sakit tapi perlu mendapatkan informasi tentang keluhannya. Orang-orang seperti ini bisa mendapatkan informasi kesehatan hanya dengan membuka aplikasi konsultasi kesehatan, tanpa ke rumah sakit.

2. Tidak perlu antre panjang di klinik atau rumah sakit

Kita akrab dengan pemandangan di klinik atau rumah sakit. Begitu banyak calon pasien yang mengantre untuk bertemu dokter. Saat ini sudah ada pelayanan konsultasi online yang memungkinkan calon pasien  berada di tempatnya masing-masing, tidak perlu antre panjang di klinik atau rumah sakit.

3. Pemantauan penyakit lebih akurat

Pasien-pasien dengan penyakit kronis seperti kanker, stroke, dan diabetes, perlu dipantau kondisinya. Sejak adanya pelayanan konsultasi online atau telekonsultasi dan kemudian telemedicine, dokter bisa memantau penyakit para pasien tersebut setiap hari, secara online. Pasien tinggal mengirimkan data di aplikasi agar dokter bisa memantau.

4. Meningkatnya layanan kesehatan

Biasanya dokter spesialis hanya ada di rumah sakit besar. Pelayanan konsultasi online menjadi memungkinkan di puskesmas tersedia dokter spesialis yang bisa memberikan pelayanan secara online. Jadi pasien bisa mendapatkan saran pengobatan atau arahan dokter dengan cepat.

5. Mempercepat akses jika harus ke rumah sakit

Setiap rumah sakit punya fasilitas dan peralatan kesehatan yang berbeda-beda. Jika ada pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit, keluarga pasien bisa memeriksa ketersediaan fasilitas di berbagai rumah sakit, hanya melalui aplikasi. Pasien pun jadi bisa langsung dibawa ke rumah sakit yang sesuai.

Sumber gambar: Unsplash
Sumber gambar: Unsplash

Konsultasi Online Menggunakan IndiHome Internetnya Indonesia

Banyaknya keuntungan pelayanan konsultasi online tersebut tidak lepas dari peran internet. Sebagai internetnya Indonesia, IndiHome memberikan layanan yang stabil dengan harga terjangkau. Kualitas layanan internet seperti inilah yang kita butuhkan, sehingga bisa mengakses pelayanan kesehatan dengan nyaman.

Tidak mengherankan kalau IndiHome jadi andalan, karena berada di bawah naungan Telkom Indonesia, yang selalu mengedepankan kualitas, demi terjangkaunya layanan kesehatan masyarakat yang berada di seluruh Indonesia.

Bidang kesehatan sudah jauh lebih mudah diakses serta memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien. Tinggal kitanya yang harus tepat memilih internet seperti IndiHome agar bisa mendapatkan manfaat internet yang maksimal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan