Mohon tunggu...
Nurul Ainun
Nurul Ainun Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Media

Editing Menurut Saya

3 Oktober 2017   06:52 Diperbarui: 3 Oktober 2017   06:57 322 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam dunia penulisan hal yang paling utama adalah bagaimana cara pemilihan kata dan tata bahasa dalam tulisan agar menarik dan dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca. Tulisan yang baik adalah tulisan yang dapat membimbing pembacanya dan tidak mengundang kesalahpahaman akibat ada kesalahan kata yang tidak disengaja. Oleh karena itu tulisan harus terlebih dahulu disunting, baik dari segi bahasa maupun tanda bacanya. Maka itu lah diperlukan adanya seorang editor untuk membantu proses penyuntingan (editing) dari sebuah tulisan.

Editing menurut saya adalah suatu proses penyuntingan baik tulisan, film, musik, dan sebagainya yang diubah dan dirangkai menjadi sebuah bagian yang utuh dan dapat dimengerti. Proses editing tidaklah mudah, banyak hal yang harus diperhatikan dalam proses editing. Salah satunya adalah mempunyai wawasan tentang banyak makna kata, diksi, juga literasi. Karena editing tidaklah hanya mengoreksi kesalahan dari sebuah penulisan, tetapi juga menjadikan sebuah tulisan mudah dipahami dan enak dibaca.

Karena tugasnya yang berat itulah, tidak banyak orang yang ingin terjun langsung ke dunia editing. Karena beban yang ditanggung tidaklah mudah, alih-alih ingin menyunting tulisan malah akan menambah buruk tulisan itu sendiri jika sang editor tidak tahu bahwa posisinya sangatlah penting. Editing juga merupakan proses yang sangat sedikit diminati orang, kebanyakan orang lebih ingin menjadi penulis. Karena proses editing menyunting hampir seluruh isi dari naskahdan hasilnya pun tidak mendapatkan royalti seperti penulis. Padahal jika dilihat, mereka sama-sama membuat sebuah tulisan.

Karena itu proses editing bukanlah hal yang remeh, melainkan hal terpenting yang ada pada penulisan agar tidak terjadi salah paham yang akan menimbulkan perbedaan paham maupun pendapat. Editing juga mencakup hal yang luas, bukan hanya sekedar mengkoreksi suatu tulisan tetapi mengerti isi dari tulisan itu sendiri. Meskipun banyak editor yang namanya belum dikenal luas, seperti penulis. Tetapi menjadi editor bukanlah perkara mudah. Karena seorang penulis belum tentu bisa menjadi editor, tetapi seorang editor sudah pasti bisa menjadi seorang penulis.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x