Mohon tunggu...
Agustian Deny Ardiansyah
Agustian Deny Ardiansyah Mohon Tunggu... Guru - Guru yang tinggal di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Setiap tulisan yang saya tulis dan memiliki nilai manfaat pada blog kompasiana ini, pahalanya saya berikan kepada Alm. Ayah saya (Bapak Salamun)

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Jangan Asal Pilih Saat Membeli Buah Durian, Ini Tipsnya!

3 Desember 2023   17:57 Diperbarui: 5 Januari 2024   05:06 16400
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bakal Buah Durian Yang Menempel di Pohon Durian  (Sumber: Shutterstock/sweetheart studio

Sepanjang jalan menuju sekolah saya yang masih banyak diselingi dengan hutan dan kebun, saya banyak melihat pohon durian berjajar diantara pohon lainnya.

Bila melihat ukuran pohonnya, saya yakin pohon durian itu sudah berusia lebih dari 10 tahun bahkan lebih karena pohonnya yang sangat tinggi serta memiliki lingkar pohon yang sangat besar.

Beberapa hari ini tepatnya setelah musim panas berganti dengan musim hujan pohon durian tersebut mengalami perubahan dimana ada semacam bulatan-bulatan yang memenpel di rantingnya.

Setelah saya amati dengan seksama ternyata bulatan tersebut adalah bakal buah durian yang mulai muncul di sekujur ranting pohon durian.

Jumlahnya sangat banyak, bahkan ketika saya amati satu ruas ranting durian bisa dihuni lebih dari sepuluh bakal buah durian.

Munculnya bakal durian tersebut menunjukan bahwa musim durian di daerah saya dan mungkin di daerah lainnya di Indonesia sudah mulai tiba.

Biasanya tak lama setelah itu akan ada penjual buah durian musiman di sepanjang jalan baik di pusat kota atau sentra durian yang memang masyarakatnya banyak menanam pohon durian.

Buah durian yang dijual tersebut biasanya adalah buah durian alam dan okulasi yang ketika kita tidak jeli memilihnya bisa saja kita mendapat durian yang tidak sesuai dengan ekpektasi kita.

Oleh karena itu jangan asal pilih ketika membeli buah durian agar tidak  merasa kecewa dengan buah durian yang kita pilih dan beli.

Berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami, berikut berapa tips saat membeli buah durian agar tidak mengecewakan serta susuai dengan ekspektasi kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun