Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Konsultan - Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30) Tulisan boleh dikutip dengan sitasi (mencantumkan sumbernya). 1) Psikologi 2) Hukum 3) Manajemen 4) Sosial Humaniora 5) Liputan Bebas

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Ketika Kamu Bosan Jadi Orang Baik dan Agama Dianggap Tidak Berguna

29 Juli 2021   16:58 Diperbarui: 29 Juli 2021   17:12 319
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
tampilan web Nikole 

Apa jadinya jika engkau adalah orang yang baik seumur hidup. Lingkungan juga baik dan dikelilingi oleh orang yang saleh sopan dan baik-baik saja. 

Engkau berumah tangga dan sangat manis dengan anak-anak yang lucu cerdas menyenangkan.

Lantas datanglah tsunami dalam hidupmu. Pasanganmu minta bercerai atau bahkan menceraikanmu. 

Engkau kalang kabut menghadapi realita bahwa hidup menjadi tidak ramah ketika uangmu menipis. 

Dan sumber uangmu seakan tertutup dan orang yang engkau cintai, ternyata menjadi begundal yang menjengkelkan dan tidak bertanggung jawab.

Kira-kira begini dia memperkenalkan diri. 

-----

Saya adalah anak poster untuk pola pikir orang-menyenangkan, kesempurnaan, dan kelangkaan (namun itu berarti adalah tidak cukup waktu! tidak cukup uang! tidak cukup teman!). 

Saya kelelahan. Dan pecah. Dan siap untuk narasi baru. Saya tahu saya memiliki panggilan besar dalam hidup saya, dan saya lelah merasa seolah-olah itu di luar jangkauan saya!
Untuk mengakses kehidupan impian ini, saya harus melepaskan lapisan yang tidak lagi melayani saya. Saya harus memiliki kepenuhan diri saya, bahkan jika itu berarti mengecewakan orang-orang penting dalam hidup saya. Jadi saya tampil di depan umum sebagai orang aneh. 

Saya meninggalkan iman agama. Dan saya menghirup udara segar dalam-dalam untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun