Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Apakah Scopus Masih Penting?

20 Mei 2021   18:03 Diperbarui: 20 Mei 2021   18:29 393 77 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Scopus Masih Penting?
Dokpri.

Era sekarang adalah digitalisasi semua bidang dan kebijakan nasional seakan diarahkan kepada banyak pendidikan vokasi serta terapan lainnya. Sementara itu bahwa hasil riset masih perlu untuk terus dipublikasikan dengan jurnal yang diakui oleh organisasi bereputasi internasional seperti scopus.

Scopus menawarkan fitur gratis untuk pengguna yang tidak berlangganan dan tersedia melalui Pratinjau Scopus. Peneliti dapat menggunakan Pratinjau Scopus untuk membantu penelitian mereka, seperti mencari penulis, dan mempelajari lebih lanjut tentang cakupan konten Scopus dan metrik sumber.

Scopus adalah database abstrak dan kutipan terbesar dari literatur peer-review: jurnal ilmiah, buku dan prosiding konferensi. 

Memberikan gambaran menyeluruh tentang hasil penelitian dunia di bidang sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial, serta seni dan humaniora, Scopus menghadirkan alat pintar untuk melacak, menganalisis, dan memvisualisasikan penelitian.

Dengan bergabungnya Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi maka menjadi pertanyaan penting apakah scopus masih terus dianggap penting?

Dan sampai saat ini masih terus dianggap penting meskipun ada risiko bahwa publikasi berafiliasi ke scopus adalah identik dengan skema biaya tertentu. Meskipun saat ini ada insentif bagi kalangan dosen penulis scopus, namun skemanya seakan "reimburse" dan tidak selalu riset ini dianggap penting. 

Sebagaimana situasi STIAMAK Barunawati Surabaya yang fokus kepada studi logistik dan manajemen bisnis kepelabuhan. Untuk memenuhi standar kualitas dalam bidang riset, mau tidak mau juga berusaha keras meningkatkan program penelitian dengan rumpun ilmu manajemen, administrasi bisnis, dan studi lain terkait pelayaran logistik kepelabuhan.

Untuk menunjang lintas disiplin keilmuan, Stiamak juga menjalin kerja sama dengan semua pihak terutama universitas baik di dalam maupun luar negeri.

Sementara untuk program vokasi dan kedekatan dengan dunia industri, justru Stiamak sudah selangkah lebih maju karena nge-link secara langsung dengan dunia industri pelabuhan dengan jangkauan khusus di 7 provinsi yakni jatim jateng kalteng kalsel bali ntt ntb.

Sebaran mahasiswa alumni bahkan dari Aceh sampai ke Papua. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x