Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30)

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Kutipan Paling Legendaris dari Ramadhan

28 April 2021   02:24 Diperbarui: 28 April 2021   02:53 594 13 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kutipan Paling Legendaris dari Ramadhan
Dokpri 

"Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi."

Itu adalah sebuah Hadist yang menjelaskan tentang fadilah bulan Ramadhan. Kebaikan yang penuh selama sebulan bagi yang menjalankan ibadah semata karena Allah. Ini kutipan yang tidak akan pernah saya lupakan, terutama karena disebutkan setan-setan dibelenggu. 

Dan saya mengalami ada anggota keluarga yang WA-nya dihack, di bulan Ramadhan 1442 H atau April 2021 ini, dan digunakan untuk upaya minta uang alias menipu, dan alhamdulillah kami dilindungi dari setan berujud manusia itu yang meng-hack WA dan berusaha menipu ke sana ke mari. 

Apakah penipu tidak percaya azab neraka yang panasnya menyala sampai isi perut bisa berhamburan?

Bayangkan, menipu di bulan Ramadhan, sebuah kejahatan murni setan berujud manusia, karena setan berupa jin telah dibelenggu sehingga tidak mungkin mengganggu. Semoga penipunya segera bertobat. 

Namun saya juga terkenang masa Ramadhan di Swedia, di mana saya merasakan silaturahim yang kuat di antara saudara muslim dari Indonesia, Uni Arab Emirates, Oman, Iran, Malaysia, dan masih banyak lagi.

Persaudaraan yang timbul dan diperkuat oleh suasana Ramadhan tanda barokah bulan Ramadhan memang menyebar dan menjadi rahmah bagi alam semesta. 

Nah, terkait kutipan yang legendaris, selain al HAdist juga Al Aquran yang banyak membahas mengenai dasar hukum puasa Ramadhan. 

Taraweh di Sweden bersama rekan (dokpri) 
Taraweh di Sweden bersama rekan (dokpri) 

DASAR HUKUM PUASA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN