Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (Al Mulk 67:30)

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Hidroponik Model Rak Berpipa

10 Januari 2021   20:08 Diperbarui: 11 Januari 2021   00:21 158 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hidroponik Model Rak Berpipa
Rimbun tanaman hidroponik menyejukkan mata dan bisa dipanen (Foto: Kredit Dr. HSS)

Di sela jeda bertubi-tubi berita duka, mari sejenak melihat sayuran hijau. Tumbuhan yang subuh di antara lubang pipa pralon yang lazim dikenal sebagai hidroponik. Bagi bapak ibu yang sudah mahir, anggaplah ini sekedar berbagi cerita. Bagi yang belum, siapkan pertanyaan siapa tahu bisa dialog dan pertanyaan saya forward kepada ahlinya. 

Nah, saya bertemu dengan Dr. H. Suprapto Siswosukarto, ST., MSc,  (selanjutnya disingkat Dr. H. SS), alumnus Leeds University UK di bidang teknik sipil dan bangunan, namun punya hobi menanam hidroponik. Saya akan wawancarai beliau supaya kesannya kayak Wimar Witular ya.. hehe..

Endepe     : Halo Pak Haji... apa kabar nih... saya dengar antum sudah lama hobi dengan tanaman bayam ala hidroponik.

Dr. H. SS   : Alhamdulillah, kabar baik. Ya ini sedang bersih-bersih tanaman hidroponik saya sedang hampir panen besar...

Endepe      : Bisa diceritakan sedikit gimana situasi tanaman yang tampak rimbun indah in i, sampai eman-eman mau dipanen.. Hijau menyegarkan di mata..

Dr. H. Suprakto S., ST, MSc. dosen teknik yang hobi hidroponik (Kredit foto: DRHSS) 
Dr. H. Suprakto S., ST, MSc. dosen teknik yang hobi hidroponik (Kredit foto: DRHSS) 

Dr. H. SS    : Wah, kalau sudah saatnya dipanen ya harus dipanen, karena nanti akan dibiakkan lagi. Tanam bayam brasil di rak hidroponik yang ternyata amat subur dan super cepat tumbuhnya. Bibit awal tanaman ini dari  teman saya ini, ternyata batang bayam brasil sangat mudah ditanam dan cepat berkembang. Bagaimana tidak, batang di rangkaian batang yg rimbun itu bisa dipatahkan dengan jari dan patahannya dapat langsung dimasukkan dalam netpot, dan kemudian dimasukkan dalam lubang di pralon. Dalam waktu sekitar 5 hari batang patahan tadi sdh akan tumbuh akar yang makin lama akarnya tsb makin banyak dan batangnya pun akan tumbuh makin lebat.... Mari dicoba.. Antum boleh juga mencoba lho...

Endepe      : Wah, pak Haji ini bercanda.. saya baru belajar... mau ndengerin saja dulu kisah lebih lanjut tanaman brazil ini.. enak dimakan langsung kah ? Dikonsumsi sendiri atau dijual nih pak Hajii....?

Dr. H. SS   : Ya pasti dunk.... hehehe... saya niru-niru kata-kata sampiyan...Ini dikonsumsi sendiri, dan sebagian kita bagi-bagi dalam program jumat barokah, siapa yang ingin boleh memetik ke sini, atau kalau sempat bisa pesan nanti kita kirimkan..

Kebun ini ada di lt 3 yang sebagian dulu adalah untuk jemuran (Dok Dr. HSS ) 
Kebun ini ada di lt 3 yang sebagian dulu adalah untuk jemuran (Dok Dr. HSS ) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x