Nugroho Dwi Priyohadi
Nugroho Dwi Priyohadi lainnya

Port shipping tourism social psychology economics management etc; S1 Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada; Profesi Psikologi Industri UBAYA; MSc Port Management World Maritime University Swedia; S3 Psikologi Industri Universitas Airlangga;

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Filantropi ala Alumni SMAN 7 Yogyakarta

29 Oktober 2018   14:08 Diperbarui: 29 Oktober 2018   14:31 104 0 0
Filantropi ala Alumni SMAN 7 Yogyakarta
dokpri

Pada awalnya, hanya sekedar alumni. Mereka ingin berkumpul. Juga berbagi. Akhirnya, jadilah Yayasan Alumni yang ditujukan untuk media berbakti pada almamater.

Lahir resmi pada tanggal 28 Oktober 2016, maka tahun 2018 ini Yayasan Wibhakta Alumni SMAN 7 Yogyakarta memasuki usia ke-2.

Sementara, SMAN 7 Yogyakarta sendiri lahir 1 Juli 1983. Atau 35 tahun yang lalu jika kita hitung posisi tahun 2018 ini.

Yayasan Wibhakta menggali dana dari para alumni, donatur, pihak internal maupun eksternal untuk disalurkan pada kegiatan sekolah.

Kegiatan yang sudah berjalan, dan akan terus berjalan antara lain: 

(1) Wibhakta Scholarship: tahun 2018 ini ada 15 siswa yang diarahkan menerimanya. Dari ke-15 tsb, Yayasan bertanggung jawab untuk memberikan beasiswa prestasi. Sementara, 2 siswa ditanggung oleh alumni angkatan tertentu, dan 10 siswa ditanggung oleh Komite Sekolah. 

(2) Home Visit. Kunjungan ke guru, siswa, dan purna guru yang dipandang perlu untuk dikunjungi. 

(3) Fieldtrip. Kunjungan ke dunia industri, baik BUMN maupun swasta, ditujukan untuk pengenalan siswa ke dunia nyata di luar akademik. Tujuannya, agar siswa punya bayangan bagaimana tantangan dunia kerja. Sekaligus, jurusan apa saja di perguruan tinggi yang terserap di dunia nyata.

(4) Apresiasi jurnalistik. Pada tahun 2018 ini sudah 3 batch pelatihan jurnalistik dengan mendatangkan alumni, praktisi koran, maupun sastrawan untuk  mengisi seminar jurnalistik.

(5) Bakti Sosial. Baksos dilakukan bekerja sama dengan komunitas lain sehingga jaringan segmen baksos akan lebih meluas. 

(6) Alumny Sharing Knowledge. Para alumni berbagi ilmu wawasan dan pengalaman untuk memotivasi adik-adik kelas menatap masa depan dengan lebih baik.

(7) Alumny Gathering. Dilakukan dengan semacam miting lintas generasi, bisa melalui forum buka bersama, atau dialog dan seminar bersama untuk melakukan langkah nyata ke depan demi kemajuan sekolah.

(8) Lain program untuk merealisasikan slogan Yayasan Wibhakta: Peduli,,, Berbakti,... Silaturahim. (Care.. Loyalty.. Networking).

Demikian sepintas gerakan filantropis ala Yayasan Wibhakta, alumny SMAN 7 Yogyakarta. Bukan inspirasi yang sama sekali baru. Namun konteks kekinian, perlu saling memotivasi dan menginspirasi bahwa ada kebaikan yang bisa kita lakukan demi peadaban yang lebih baik.

Salam Wibhakta.