Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Bola

Mengapa Supporter Sepak Bola Cenderung Agresif?

2 Oktober 2022   21:16 Diperbarui: 2 Oktober 2022   21:23 226 28 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: liputan6.com

Setelah terjadinya Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, banyak pertanyaan diajukan: mengapa supporter sepakbola cenderung berperilaku agresif. Ada beberapa alsan mengapa supporter sepakbola cenderung berperilaku agresif.

Pertama, perilaku argresif sebagai [elampiasan ketegangan yang dialami sebelum, selama, dan setelah pertandingan. Ketegangan yang dialami oleh para supporter sepakbola butuh pelepasan. Salah satu cara pelepasan adalah dengan melakukan perilaku yang agresif.

Kedua, sebagai pelampiasan baik kemenangan maupun kekalahan tim yang didukungnya. Baik kekalahan maupun kemenangan biasanya akan memancing emosi para supporter sehingga mereka melampiasakan emosinya tersebut dengan melakukan Tindakan agresif. Biasanya supporter tim yang kalah yang cenderung beryindak agresif.

Ketiga, adanya teori yang disebut teori gerombolan dalam psikologi sosial dimana orang akan cenderung berperilaku berbeda di tengah gerombolan. Sesorang akan mudah terpancing melakukan suatu Tindakan jika ia berada pada sekumpulan atau segerombolan orang dengan identitas yang sama. 

Demikian pula halnya jika sekumpulan supporter dengan identitas sama yaitu pendukung suatu tim sepakbola amaka apa yang dilakukan oleh gerombolan akan diikuti oleh semua yang meras mempunyai identitas yang sama meskipun dalam kehidupan sehari-hari secara individual mereka akan berperilaku berbeda.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan