Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kenali Perbedaan Ketika SMA dan Ketika Kuliah

11 Agustus 2022   23:34 Diperbarui: 11 Agustus 2022   23:53 112 21 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber gambar: metro.tempo.co

Setelah lulus SMA maka beberapa siswa akan melanjutkan kuliah. Tetapi memang  ada beberapa yang karena beberapa pertimbangan memutuskan untuk bekerja. Ada beberapa perbedaan antara masa belajar di SMA dengan ketika kita kuliah. Hal tersebut perlu diketahui dan diantisipasi supaya siswa SMA yang baru lulus dan mulai menjadi mahasiswa baru tidak kaget dan bisa menyesuaikan diri dengan cepat. 

Ada beberapa perbedaan antara belajar di SMA dengan kuliah di perguruan tinggi.

Pertama, ketika SMA peran guru masih sangat menonjol untuk mengontrol siswa terutama dalam hal belajar. Masih ada pekerjaan rumah yang diperiksa oleh guru. Masih ada catatan yang juga diperiksa oleh guru. Dan lain-lain. pada saat kuliah diri pribadi si mahaiswalah yang harus mengontrol dirinya sendiri. 

Dia bahkan bebas untuk datang atau mbolos kuliah. kan mengerjakan tugas yang diberikan dosen atau tidak. Semuanya yang menentukan adalah diri sendiri dengan segala konsekuensinya tentu saja. Jika kerap bolos kuliah dan kehadiran tidak memenuhi jumlah minimal kehadiran tentu konsekuensinya tidak boleh ikut ujian dan dinyatakan gagal dalam mata kuliah yang bersangkutan.

Kedua, dalam hal mata peljaran dan mata kuliah yang diambil juga berbeda. Ketika SMA setiap seemester dan setiap tahun mata pelajaran sudah ditentukan pihak sekolah. Ketika kuliah, kecuali mungkin di semester pertama, apa mata kuliah yang akan diambil sepenuhnya pilihan mahasiswa. 

Maka harus cermat mengikuti alur kurikulum universitas, mana mata kuliah yang harus diambil karena merupakan mata kuliah prasyarat untuk mata kuliah berikutnya dan mana mata kuliah yang bebas diambil kapaanpun kita mau.

Ketiga, dari sisi pertemanan juga berbeda. Ketika SMA jika kita lancar naik kelas terus maka teman satu kelas ya akan sama terus. Tetapi ketika kuliah maka teman kita akan berbeda-beda sesuai yang mengambil mata kuliah yang sama. Bisa saja kita bersama kakak kelas atau bisa pula bersama adik kelas.

Keempat, dari sisi jam keberdaan di kelas. Jika di SMA ketika pembelajaran offline atau luring maka kita harus berada di kelas mulai Jam 07.00 pagi sampai jam 13.00. Tetapi ketika kuliah maka jam kuliah sangat fleksibel tergantung mata kuliah yang kita ambil. Sering ada satu hari tidak ada kuliah sama sekali, tetapi bisa saja satu hari harus kuliah terus. Maka pandai-pandailah mengatur waktu.

Kelima, jumlah orang dalam satu kelas. Biasanya di SMA satu kelas hanya berisi paling banyak 30 orang. Tetapi ketika mahasiswa maka jumlahnya bisa saja ada satu kelas yang berjumlah 100 orang.

Demikian beberapa perbedaan antara masa SMA dan masa kuliah yang perlu diketahui terutama untuk mahasiswa-mahasiswa baru.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan