Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Apa Ada Vitamin dan Mineral untuk Cegah Anemia? Simak Yuk

25 September 2022   20:45 Diperbarui: 25 September 2022   20:49 96 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokter Masrurotut Daroen atau Dokter Rury dari RSI Banjarnegara, Jawa Tengah.

BANJARNEGARA - "Kebanyakan orang memahami bahwa anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam aliran darah tetapi pada kenyataannya anemia ditandai dengan kekurangan hemoglobin sel darah merah yang mengurangi kemampuan darah untuk mengangkut oksigen ke sel-sel kita dan untuk menghilangkan karbon dioksida," kata Dokter Masrurotut Daroen atau Dokter Rury dari RSI Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kali ini, kita akan belajar bagaimana mencegah dan mengobati anemia dengan suplemen gizi.

1. Besi

Zat besi sangat penting bagi penderita anemia. Ini membantu reproduksi sel darah merah serta meningkatkan transportasi oksigen dan nutrisi ke sel tubuh, dan menghilangkan karbon dioksida dari aliran darah kita.

"Karena zat besi sulit untuk diserap, dianjurkan untuk mengambil bentuk cair daripada bentuk kering dan pastikan untuk mengambil dengan beberapa vitamin C atau sebagian besar zat besi akan terbuang karena penyerapan usus yang buruk," ujarnya.

2. Tembaga dan seng

Tembaga dan seng mungkin tidak penting dalam mengobati penderita anemia, tetapi dibutuhkan dalam membantu tubuh menyerap zat besi. Tanpa keseimbangan besi, tembaga dan seng sebagian besar efek besi akan terbuang sia-sia. Pastikan untuk berbicara dengan dokter untuk jumlah yang tepat dari besi, seng dan tembaga sebelum mengambil salah satu dari logam di atas.

3 Vitamin K

Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak. Ini memainkan peran penting bagi penderita anemia dengan membantu pembekuan darah dengan benar setelah cedera, yang sangat penting bagi penderita anemia yang disebabkan oleh kehilangan darah yang berlebihan seperti wanita saat melahirkan dan selama menstruasi.

4. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan invasi bakteri dan virus. Karena reproduksi dan sirkulasi darah yang buruk bagi penderita anemia, penguatan sistem kekebalan tubuh menjadi vital. Vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi jika tidak, sebagian besar asupan zat besi mungkin terbuang sia-sia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan