Mohon tunggu...
Nugraheni Puspitasari
Nugraheni Puspitasari Mohon Tunggu... Mahasiswa

Saya mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penguatan Pembelajaran Bermakna melalui Media Flashcard Sistem Tata Surya: Kolaborasi Mahasiswa PGSD UNNES dan Guru Ngaliyan 05

21 Juni 2025   14:00 Diperbarui: 5 Juli 2025   10:13 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Flashcard Macam-macam Sistem Tata Surya)

Kolaborasi antara dunia pendidikan tinggi dan pendidikan dasar kembali diwujudkan dalam bentuk kegiatan Bhakti Akademisi yang diinisiasi oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Kegiatan ini merupakan upaya nyata dalam memperkuat keterlibatan mahasiswa sebagai agen perubahan dalam dunia pendidikan. Nugraheni Puspitasari, mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNNES, bersama dosen pembimbing Ibu Dewi Nilam Tyas, S.Pd., M.Pd., dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Moh. Farizqo Irvan, S.Pd., M.Pd., telah berhasil menyusun dan menjalankan sebuah program pengabdian berjudul “Penguatan Pembelajaran Bermakna melalui Media Flashcard Sistem Tata Surya: Kolaborasi Mahasiswa PGSD UNNES dan Guru SDN Ngaliyan 05” Program ini bertujuan untuk membangun kerja sama yang produktif antara mahasiswa, guru, dan pihak sekolah dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan menyenangkan bagi siswa sekolah dasar.

Program Bhakti Akademis tersebut melahirkan inovasi berupa media ajar interaktif berbentuk flashcard yang dirancang secara khusus untuk mendukung proses pembelajaran pada topik “Sistem Tata Surya” dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk kelas VI SD. Media ini dikembangkan berdasarkan kebutuhan pembelajaran yang mengharuskan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses memahami materi. Proyek ini tidak hanya melibatkan mahasiswa dan dosen pembimbing, tetapi juga mengikutsertakan kepala sekolah, guru kelas VI, dan peserta didik SDN Ngaliyan 05 secara langsung dalam setiap tahapan pelaksanaan.

Kegiatan ini berlangsung melalui dua tahapan utama. Pertama, dilakukan kegiatan pengenalan dan sosialisasi media ajar interaktif kepada guru kelas VI pada tanggal 5 Mei 2025. Tahap ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman awal kepada guru mengenai cara penggunaan flashcard serta manfaatnya dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Tahapan kedua dilaksanakan pada 19 Mei 2025 dalam bentuk implementasi langsung media flashcard dalam pembelajaran kelas bersama siswa. Seluruh rangkaian kegiatan ini diselenggarakan di SDN Ngaliyan 05 yang beralamat di Jalan Raya Mr. Moch Ichsan, Wates, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

(Implementasi langsung media flashcard dalam pembelajaran kelas bersama siswa)
(Implementasi langsung media flashcard dalam pembelajaran kelas bersama siswa)
Tujuan utama dari pengembangan media ajar ini adalah untuk mendukung terciptanya pembelajaran yang bermakna (meaningful learning) melalui pendekatan visual dan kontekstual. Flashcard yang dikembangkan menyajikan informasi tentang sistem tata surya secara komprehensif dan menarik. Materi dalam media ini mencakup elemen-elemen penting seperti matahari, planet-planet (Merkurius hingga Neptunus), benda langit lain seperti asteroid, meteoroid, komet, serta planet kerdil seperti Pluto, Haumea, Makemake, Eris, dan Ceres. Setiap kartu disusun dengan ilustrasi visual menarik, deskripsi singkat namun informatif, serta narasi yang mampu membangkitkan rasa ingin tahu peserta didik.


Melalui media ini, siswa dapat belajar mengenali ciri-ciri masing-masing benda langit dengan cara yang lebih menyenangkan. Misalnya, planet Jupiter dijelaskan sebagai yang terbesar dan memiliki bintik merah raksasa; Saturnus dikenalkan dengan cincin khasnya; sementara Neptunus disajikan sebagai planet yang memiliki angin sangat kencang. Selain itu, siswa juga diperkenalkan dengan objek-objek unik seperti debu angkasa, meteor, dan bintang, serta konsep-konsep penting seputar tata surya dalam bentuk permainan edukatif, diskusi kelompok, atau presentasi kelas.

(Implementasi langsung media flashcard dalam pembelajaran kelas bersama siswa)
(Implementasi langsung media flashcard dalam pembelajaran kelas bersama siswa)
Kepala Sekolah SDN Ngaliyan 05, Bapak Feriadi Gunawan, S.Pd., memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Beliau menilai bahwa kehadiran mahasiswa dalam program Bhakti Akademisi memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Produk media ajar yang dihasilkan sangat membantu guru dalam menyampaikan materi dengan cara yang lebih interaktif, serta mampu membangkitkan minat belajar siswa terhadap pelajaran sains.

(Apresiasi dari Kepala Sekolah terhadap pelaksanaan Bhakti Akademis)
(Apresiasi dari Kepala Sekolah terhadap pelaksanaan Bhakti Akademis)
Pujian serupa disampaikan oleh guru kelas VI yang terlibat langsung dalam proses implementasi media. Ia menyatakan bahwa media flashcard sangat efektif untuk menyampaikan materi sistem tata surya yang kompleks. Penyajian secara visual, interaktif, dan sederhana membuat siswa lebih mudah memahami topik tersebut. Guru juga mencatat adanya peningkatan partisipasi dan pemahaman siswa setelah penggunaan media tersebut, sejalan dengan prinsip pembelajaran bermakna yang mengaitkan pengetahuan baru dengan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya yang telah dimiliki siswa. 

(Apresiasi dari Guru Kelas VI pelaksanaan Bhakti Akademis)
(Apresiasi dari Guru Kelas VI pelaksanaan Bhakti Akademis)

Tak kalah penting, respons dari siswa kelas VI pun sangat positif. Mereka menunjukkan antusiasme tinggi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Para siswa menyampaikan bahwa media flashcard sangat menarik dan membantu mereka dalam mengingat materi pelajaran dengan lebih baik. Proses belajar pun menjadi lebih aktif, tidak membosankan, dan penuh semangat. Melalui kegiatan ini, mahasiswa PGSD UNNES tidak hanya mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah, tetapi juga turut serta dalam mengembangkan praktik pendidikan yang kreatif dan berorientasi pada kebutuhan siswa. Diharapkan, kolaborasi semacam ini dapat terus dikembangkan di berbagai sekolah dasar sebagai bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar di Indonesia.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun