Mohon tunggu...
nugroho sapta
nugroho sapta Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

sport

Selanjutnya

Tutup

Trip

Berwisata Pulau dan Bahari di Kepulauan Seribu

17 September 2022   13:37 Diperbarui: 17 September 2022   13:41 394
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber foto : https://pulauseribu.co.id/pulau-tidung/

Indonesia adalah negara yang memiliki keindahan alam yang begitu banyak, mulai dari pegununngan, lautan, daratan hingga fauna yang yang eksotis. Dengan julukan negri kepulauan, menjadikan pantai dan laut sebagai objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional, seperti halnya Bali yang sudah menjadi tempat bagai wisatawan manca negara untuk berlibur. Namun apakah kalian tahu bahwa di jakarta ada pantai dan juga laut yang indah bahkan bisa menyandingi Bali bahkan Maldives. 

Bukan pantai ancol yang sudah kita banyak tahu, tetapi yaitu adalah Kepulauan seribu. Meski banyak orang yang tidak tahu tentang kepulauan seribu dikarenakan akses yang hanya bisa dijangkau dengan kapal air saja. Untuk itu saya akan berbagi tentang pengalaman saya ke Kepulauan seribu, dari mulai bagaimana caranya bisa kesana, apa saja objek wisata yang ada disana, dan juga biaya yang diperlukan untuk bisa ke kepulauan seribu. 

Sebelumnya pasti kalian memikirkan bahwa pulau seribu terdapat seribu pulau sesuai dengan namanya, tetapi ternyata jumlahnya bukan yang seperti kita pikirkan atau kita tau dari nama saja, jadi luas wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah 4.745,62 km2 yang terdiri dari 8,76 km2 daratan, 4.690,85 km2 dan 46 km2, terdiri lebih dari 110 buah namun permukaan daratan akan muncul dalam kurun waktu tahunan, dan pulau baru akan muncul, wow menjaubkan. Kepuluan seribu juga menjadi satu-satunya di indonesia bagian jakarta yang bersifat kabupaten dan non otoriter atau bupati tidak dipilih oleh rakyat melainkan ditunjuk oleh gubernur DKI Jakarta.

Cukup untuk pengenalan Kepulauan seribu, mari kita lanjutkan perjalanan ini, Pilihan pertama kalian bisa memesan tiket kapal melalui web site travel yang tersedia di pulau seribu, kapal yang disediakan adalah kapal cepat (speed boat) dengan harga 300 ribu kalian bisa mendatangi pulau seribu, jika ingin include dengan penginapan tentunya kalian harus menyiapkan bugdet lebih yang cukup besar, jika sudah memesan kalian bisa datang ke ancol dan langsung ke dermaga marina, tentunya biaya masuk ancol belum termasuk, bisa juga kalian membeli tiket langsung yang disediakan di dermaga. 

Selanjutnya pilihan kedua adalah menaiki kapal warga yang ada di Kali adem Jakarta utara, tentunya harga tiket yang di tawarkan juga murah yaitu sekitar 30 ribu untuk sekali jalan, akan tetapi ada perbeedaan dalam waktu perjalanan, dimana kapal ini akan menempuh waktu lebih lama dibanding kapal cepat (speed boat). pada saat itu akomodasi yang saya pilih adalah pilihan pertama, saran saya jika ingin puas alangkah baiknya kalian jalan pada pagi hari, karena batas kapal berlayar sudah ditentukan dan maksimal adalah antara jam 2 siang hingga jam 3 sore.

Selanjutnya kalian bisa memilih tempat tujuan seperti kepulau macan, pulau putri dan lainya sesuai tiket yang kalian beli. Jika kalian ingin menjelajahi lebih dari satu pulau bisa saja, dengan cara menyewa kapal yang biasanya di tawarkan oleh penyedia hotel atau resort, akan tetapi biasanya akan merogoh kocek yang cukup mahal. Banyak destinasi yang bisa dikunjungi seperti Pantai sakura yang terletak di pulau untung jawa dimana destinasi ini di apresiasi oleh mentri pariwisata dan ekonomi kreatif yaitu Sandiaga Uno. Di pantai sakura ini terdapat kampung jepang yang bisa kalian nikmati berlibur ala jepang, terdapat bangunan seperti di jepang, bunga sakura dan nuansa jepang lainya. 

Destinasi lainya seperti destinasi sejarah juga terdapat di kepulauan seribu, seperti pulau onrust peninggalan benteng belanda dan juga sempat dijadikan syuting film "onrust" dimana memang pada zaman dahulu tempat ini dijadikan tempat karantina bagi orang-orang yang terkena penyakit kusta. Namun menurut hal terpenting yang ada di kepulauan seribu adalah pasir putih yang halus dan juga pantai yang memiliki warna biru jernih serta terumbu karang dan biota laut yang masih terjaga, sangat sulit untuk tidak jatuh cinta melihat keindahan kepulauan seribu. 

jika kalian ingin menemukan laut yang biru jernih, pasir putih yang indah sebaiknya kalian memilih tujuan kepulau yang lumayan jauh dari perairan jakarta, karena yang sudah kita tahu perairan laut jakarta khusunya ancol sudah tercemar dan sudah tidak jernih lagi, jadi solusi agar kita puas dan juga biaya tidak terlalu meledak, disarankan kalian memilih tujuan kepulau pramuka, dimana pulau pramuka ini adalah kantor pemerintahan dari pulau seribu dan untuk penginapan bisa tinggal di home stay milik warga, karena jauh lebih murah dibanding kalian harus menginap di hotel atau resort. 

Dan terakhir jika kalian ingin lebih hemat, kalian bisa berpegian ke kepulauan seribu dengan teman atau keluarga agar biaya bisa dibagi-bagi untuk penginapan. Mungkin itu saja pengalaman yang bisa saya beri tahu ke kalian, saya jamin kalian akan ketagihan sesudah melihat keindahan Pulau Seribu. Jadi kalian sudah berminat untuk berlibur ke Pulau Seribu?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun