Mohon tunggu...
Nur Anisa Dika
Nur Anisa Dika Mohon Tunggu... Guru - Guru

Senang mendengarkan musik, membaca novel, dan menonton film. Tertarik dalam hal pendidikan dan matematika.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Dampak Perkembangan Teknologi dan Pembelajaran Matematika sebagai Solusinya

20 Juli 2022   23:16 Diperbarui: 20 Juli 2022   23:23 161 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Era revolusi industri 4.0 merupakan suatu era dimana terjadi perubahan besar-besaran pada seluruh aspek kehidupan. Teknologi informasi merupakan basis dalam kehidupan manusia di era 4.0 ini. 

Teknologi informasi merupakan suatu teknlogi yang memiliki fungsi untuk memperoleh, mengolah, memproses, menyusun, menyimpan, dan mengubah data untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat. Teknologi informasi juga berfungsi untuk memecahkan suatu masalah, mengembangkan kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas manusia.

Saat ini kita telah memasuki peralihan dari era revolusi industry 4.0 menuju era society 5.0. Jika di era revolusi industri 4.0 terjadi produksi segala hal di bidang teknologi secara besar-besaran, maka di era society 5.0 ini merupakan era memanfaatkan teknologi yang berkembang pada era revolusi industri 4.0 melalui pengintegrasian dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebagai contoh, saat ini kita dapat menemukan atau mencari tahu segala sesuatu dengan mudah dengan menggunakan teknologi informasi. Lebih spesifiknya, saat ini banyak sekali anak yang mengandalkan teknologi informasi (internet) untuk mencari tahu penyelesaian atau jawaban atas persoalan yang diberikan oleh gurunya. 

Tentunya melihat fenomena tersebut membuat kita sebagai generasi yang lebih tua menjadi dilema, di satu sisi kita merasakan manfaat dari penggunaan teknologi informasi yang sangat memudahkan pekerjaan, di sisi lain jika kita tidak bisa bijaksana dalam menggunakannya maka hal itu akan membuat kita dan generasi yang lebih muda menjadi manja dan ketergantungan karena segala sesuatunya diperoleh dengan instan. 

Salah satu solusi dari permasalahan yang timbul adalah kita sebagai orang yang lebih dewasa wajib mendampingi anak-anak kita dalam pemanfaatan teknologi informasi.

Solusi lainnya adalah memotivasi anak-anak kita untuk belajar matematika dengan lebih semangat dan sungguh-sungguh. Mengapa matematika bisa menjadi salah satu solusi? Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari cara untuk berpikir logis. 

Dengan mempelajari matematika kita dapat mengasah dan melatih kecakapan berpikir yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan anak-anak kita dalam berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan tersebut sebaiknya dimiliki oleh perserta didik supaya mereka mampu berkompetisi di tengah perkembangan jaman.

Melihat kondisi di lapangan, apakah anak-anak kita sudah memiliki kemampuan-kemampuan tersebut? Jawabannya, ada yang sudah dan banyak yang belum. 

Mengapa hal seperti itu bisa terjadi? Karena sejauh ini pembelajaran yang dilakukan di kelas, khususnya pembelajaran matematika, masih bersifat teoritis dan kurang mengambil contoh dari permasalahan dunia nyata. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan