Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Administrasi - Pembelajar alam

Penyuka kajian lingkungan dan budaya. Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Antara Bola Messi dan Ramalan Campbell Stokes

7 Desember 2022   20:46 Diperbarui: 7 Desember 2022   21:29 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Bola Messi dan Campbell Stokes (olah grafis, foto Campbell Stokes oleh penulis)

Perhelatan akbar Piala Dunia 2022 sampai pada tahap delapan besar. Kedahsyatan pun keanggunan tendangan bola Lionel Messi dan ramalan Campbell Stokes saling berpadu, bisik Limbuk. Begini narasinya.

Hampir separuh artikel di Kompasiana mulai dasarian ke 3 November 2022 riuh diisi oleh gala Piala Dunia 2022. Aneka prediksi, narasi performa, harapan pun kekecewaan atas tim idola saling bersahutan.

Pembaca yang bahkan tidak paham akan perbolaan (laiknya Simbok) pun mencoba menikmati dari sajian para penggila bola. Luar biasa, bola bundar ini memiliki lebih seribu sisi untuk diperbincangkan. Tidak pernah sama antara sudut pandang penulis bola. Selalu menggulirkan keistimewaan.

Lah, simbok kebun ikutan menyoal bola? Kacaulah alurnya. Minimal sedikit jadi tahu salah satu raja bola Lionel Messi. Kepiawaiannya mengolah bola menyihir penjuru dunia.

Bola bundar bergerak sangat dinamis diperebutkan dua kesebelasan. Setiap gol menjadi paduan seruan kegembiraan sekaligus kekecewaan. Martabat dan harkat bangsa dilekatkan pada perolehan bola menjebol hingga bersarang ke gawang lawan.

Simbok, kapan aku dimainkan di lapangan eh artikel ini? Limbuk berbisik berisik. Baiklah ini bagianmu. Limbuk menyimak lekat di dekat sangkar cuaca di tengah kebun. Mengingatkan pada perempuan Gipsi dengan dandanan khas bersama kinclongnya bola kristal alat ramal pamungkasnya.

Matanya menatap nanar ke alas penyangga tanpa bola kristal Campbell Stokes recorder. Hiks bola kristal yang raib tanpa jejak. Campbell Stokes recorder berwujud bola kaca sebagai pengukur radiasi sinar matahari. Pengukuran lama penyinaran berbasis kemampuan radiasi membakar kertas pias.

Campbell Stokes recorder (dokpri)
Campbell Stokes recorder (dokpri)

Bola kaca yang dipasang permanen statis tanpa goyah. Penempatan di tengah areal berumput rapi dengan pengaturan koordinat setempat. Menerawang tangkapan sinar matahari menggulirkan informasi data.

Bersua kembali saat berkunjung ke Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Klimatologi Klas I Semarang. Tepatnya Jl Siliwangi 291, dekat dengan bandara A. Yani. bola kristal Campbell Stokes recorder terlihat bersanding dengan generasi penerusnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun