Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Administrasi - Pembelajar alam

Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Penulis Artikel Budaya, Meski Lelah Jangan Menyerah

19 Agustus 2021   18:42 Diperbarui: 21 Agustus 2021   10:02 682 48 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penulis Artikel Budaya, Meski Lelah Jangan Menyerah
Ilustrasi Kemajemukan Budaya Indonesia (karya Kathrin Honesta, Tangkapan Layar dari Kompas.com)

Kemajemukan budaya Indonesia pernyataan keberagaman sisi bangsa. Penyajian artikel budaya wujud estafet nilai kemajemukan. Penulis Artikel Budaya, Meski Lelah Jangan Menyerah.

Kemajemukan Budaya Indonesia

Meski tidak selalu, saya suka mengamati sajian google doodle. Saat Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 2021, tampil parade seni budaya Indonesia. Pembuatnya adalah ilustrator Kathrin Honesta.

Tema Kemerdekaan Indonesia digambarkan melalui alat musik, tari, dan seni rupa duta budaya dari berbagai daerah di nusantara (Kompas.com). Sasando dari NTT, Rebana, topeng tari Hudoq dari Kalimantan, penari kipas Pakarena Sulawesi, Tifa pewakil Maluku dan Papua, dan Gambus yang lekat dengan budaya Melayu.

Menyoal budaya Nusantara sangatlah beragam. Mendasarkan pada pemahaman budaya merujuk semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Hadirlah ragam budaya sesuai dengan ragam masyarakat. Terdapat varian antar lokasi dan dimensi waktu.

Budaya Nusantara menjadi bersifat dinamis menurut fungsi waktu atau zaman. Juga menghargai kelokalan. Beberapa nilai lokal bersifat umum menjadi nilai global.

Wujudnyapun menjadi sangat beragam. Hasil karya, rasa, dan cipta. Ada ujaran, pengetahuan, ketrampilan, pranata hingga wujud fisik kebendaan pun bangunan. Nah kan teba cakupan budaya sangat luas dan menyentuh sendi kehidupan keseharian.

Kajian budaya juga sangat luas, bergantung dari sudut berangkatnya. Bukan lagi kajian tunggal namun berintegrasi dengan aneka sisi kehidupan manusia. Semisal dari irisan seni budaya pun sisi sosial budaya.

Menyimak artikel budaya di Kompasiana platform blog untuk semua orang sangatlah menarik. Karya dari beragam penulis dengan aneka latar belakang budaya. Menghasilkan kolase karya yang saling melengkapi. Menumbuhkembangkan kecintaan kepada budaya Nusantara yang bineka.

Meski Lelah Jangan Menyerah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan