Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Pembelajar alam

Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Bank Sayur dalam Jangkauan

22 Juli 2021   15:37 Diperbarui: 22 Juli 2021   16:48 148 32 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bank Sayur dalam Jangkauan
Ilustrasi Bank Sayur dalam Jangkauan (Dokumen pribadi)

"Bang... sayur...." adalah suara termerdu bagi pengecer sayur di pemukiman. Nah kali ini kita menyoal bank sayur dalam jangkauan.

Sahabat pembaca Kompasiana, mari melongok kebun sederhana di cantrikan para teruna. Terlihat aneka sayuran yang dibudidayakan pada bedeng mungil lahan secara langsung. Model tanam susun juga ada. Enggan bermain tanah, mari longok teknik hidroponik sederhana skala rumahan.

Bedeng mungil penyedia sayur

Bedeng okra (dokpri)
Bedeng okra (dokpri)

Mari awali dari bedengan tanaman okra. Organ yang dipanen adalah buahnya. Buah okra (Abelmochus esculentus sinonim Hibiscus esculentus) berbentuk polong tegak ke atas.Juga disebut lady finger, aih memang mirip ya dengan jemari lentik para lady.

Buah mudanya lazim di sayur. Tersedia juga di gerai pasar sayur. Kini dalam jangkauan kita, tinggal petik dari kebun. Kini marak mode meminum okra yang diseduh air panas hingga berlendir sebagai obat herbal diabetes.

Bedeng kucai (dokpri)
Bedeng kucai (dokpri)

Berikutnya adalah bedeng berisi tanaman kucai. Yuup menghasilkan aroma wangi sebagai isian telor dadar. Sarapan pagi.... sreet gunting kucai langsung dalam jangkauan. Kita dapat membiakkannya dengan biji ataupun memisahkan rumpunnya.

Bedeng kenikir (dokpri)
Bedeng kenikir (dokpri)

Lah berikutnya adalah jajaran tanaman kenikir (Cosmos caudatus) tumbuh subur menghijau. Sering dimasak untuk urap ataupun pecel. Apalagi dengan paduan kembang turi tambah sedap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN