Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Pembelajar alam

Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

5 Keuntungan Menikmati Foto Lanskap

31 Maret 2020   14:16 Diperbarui: 8 April 2020   07:35 260 37 18 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Keuntungan Menikmati Foto Lanskap
Lanskap Sumba (Photo credit: by Khrisna Handoko)

Sahabat pembaca Kompasiana suka menikmati foto lanskap? Hanya menikmati, bukan pengambil foto langsung. Eh tidak hanya indah loh. Minimal 5 keuntungan menikmati lanskap dari memanjakan mata, syukur hingga menaikkan mood. Menjaga imun atau kekebalan tubuh juga. Mari simak narasinya.

Foto Lanskap

Awalnya saya memahami kata foto lanskap dengan sangat lugas. Foto yang diambi dengan posisi kamera mendatar, perbandingan sisi lateral atau horisontal yang dominan dibanding sisi vertikal. Atau foto yang diambil dengan penataan fitur kamera lanskap.

Menyimak dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) inilah arti kata lanskap. Tata ruang di luar gedung (untuk mengatur pemandangan alam). Mencakup lanskap alam yang belum pernah dijamah oleh manusia. Maupun lanskap kultur yang telah dipengaruhi oleh manusia.

Begitupun kita mengenal foto lanskap alam. Bentang alam yang direkam secara sengaja melalui kamera. Skala sebagian hingga tanpa batas tergantung kemampuan kamera dan selera. Lanskap kultur, campur tangan karya manusia memodifikasi bentang bumi dalam hamparan bertema tertentu.

Sebagai simbok yang memiliki kesenangan blusukan namun memiliki sangat banyak kendala, saya sangat suka menikmati foto lanskap. Hendak menyebut hobi dolan koq tanpa modal biaya dan tenaga. Bersyukur kini banyak sahabat fotografer yang bermurah hati memajang karya foto untuk dinikmati bersama.

Betul-betul hanya menikmati dari aneka lini medsos. Begitu banyak foto lanskap yang dipajang. Lah menikmati saja sangat menyenangkan, apalagi yang hobi fotografi lanskap ya. Pastinya menantang adrenalin dan kepiawaian.

Kartu pos itu yang sering terbayangkan saat menikmati foto lanskap. Juga kalender yang suka menampilkan foto lanskap bertema. Begitupun majalah pariwisata dan penerbangan memanjakan pembacanya dengan parade foto lanskap.

5 Keuntungan Menikmati Foto Lanskap

Satu, menghadirkan rasa santai. Memandang foto lanskap alam dengan rasa tegang, apa enaknya? Saat menikmat foto lanskap, secara perlahan syaraf dan otot mengendur, menggantikan ketegangan menjadi rasa santai.

Santai di fisik maupun santai di pikiran. Sinergi antara hasil pandangan mata melihat foto, menstimulir pikiran. Otak memerintahkan tubuh memproduksi sistem rasa santai. Terapi foto lansekap meredam ketegangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x