Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Pembelajar alam

Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Seni Berkebun: Pot Gantung Tanaman Hias Daun

24 Maret 2020   05:00 Diperbarui: 24 Maret 2020   20:01 404 29 18 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seni Berkebun: Pot Gantung Tanaman Hias Daun
Janggut Musa di kios bunga Cihideung (dok pri)

Berkesempatan berjemur waktu pagi sambil berkebun. Mengapa tidak berbagi? Mengisi waktu jeda saat swaisolasi dan kerja dari rumah, dengan berkebun pot gantung tanaman hias daun.

Menikmati aneka jenis tanaman gantung di pekarangan mini, memanjakan mata. Menghirup udara segar, meredakan stress. Berbonus kehadiran lebah dan kupu-kupu yang menyemarakkan kebun mini.

Aneka jenis tanaman hias dapat dipajang di pot gantung. Mulai dari keluarga anggrek, tanaman hias bunga maupun tanaman hias daun. Artikel kali ini tentang tanaman hias daun. Menonjolkan estetika daun bagi penikmatnya. Ini beberapa jenis di antaranya...

Pakis Boston
Tampilan si kompak Nephrolepsis exaltata bostoniensis ini memikat. Warna daun hijau muda kekuningan menyegarkan mata. Cepat sekali berkembang dengan anakan dari ryzom. Menyukai sinar matahari dan kelembaban cukup.

Pakis Boston (dok pri)
Pakis Boston (dok pri)
Bila tampilan pot sudah terasa sesak, mari tangkarkan dengan memijahkannya menjadi beberapa bagian. Seraya dilakukan perbaikan media tanam agar tetap gembur.

Ivy variegata
Tanaman merambat dapat ditanam di lahan langsung atau dirambatkan. Disajikan dalam pot gantung tak kalah indahnya. Bentuk bintang lima daun dan warna belang variegata menambah keindahannya. Daun cukup tebal berlapis lilin.

Ivy variegata (dok pri)
Ivy variegata (dok pri)
Saat terlalu rimbun dapat dipangkas dengan mempertahankan bentuk. Pangkasannya ditanam menjadi tanaman baru, siap dibagikan kepada sahabat penikmat.

Sirih gading (Devil's ivy)
Tanaman ini sangat mudah tumbuh. Wujud daunnya mirip dengan daun sirih. Variasi Epipremnum aureum ini sangat banyak dari daun hijau polos, kuning polos, hijau kuning kombinasi, hingga variegata.

Sirih gading (dok pri)
Sirih gading (dok pri)
Menangkarkannya juga mudah dengan cara stek. Adaptasi luar biasa, tahan disajikan pada kondisi sinar matahari penuh hingga tanaman dalam ruangan. Mau cara unik dapat ditanam dalam wadah transparan dengan media air.

Lili Paris
Daun berbentuk pita cantik dengan kombinasi hijau muda kekuningan bergaris putih. Mari pilih lili paris spider plant untuk pot gantung. Stolon yang menjuntai akan memperindah penampilan.

Lili paris spider plant (dok pri)
Lili paris spider plant (dok pri)
Bila stolon yang menjuntai sudah tidak beraturan, dapat dipotong. Menjadi stek anakan baru untuk perbanyakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x