Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Pembelajar alam

Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

6 Industri yang Terinspirasi oleh Dongeng

21 Maret 2020   12:47 Diperbarui: 21 Maret 2020   19:39 2555 24 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Industri yang Terinspirasi oleh Dongeng
Dongeng nenek sihir penjaga rimba raya (dokumentasi pribadi)

Dongeng selalu disukai oleh banyak orang. Melalui dongeng belajar keindahan, tata krama, nilai budaya hingga belajar berani bermimpi. Dongeng bukan hanya dunia anak. Dongeng menjadi inspirasi penggerak aneka industri. Merasuki kawasan bisnis.

Hari Dongeng Sedunia diperingati setiap tanggal 20 Maret. Imajinasi dongeng merasuk menginspirasi beberapa industri. Dari industri film, musik, fesyen, pariwisata, kuliner hingga mainan anak. Mari simak dongeng ini....

Satu, Industri Film

Industri film merupakan sektor yang sangat terbuka untuk mengangkat dongeng dalam sajian. Banyak film dengan judul dan cerita yang secara langsung mengangkat dongeng. Baik dalam film televisi maupun film layar lebar. Hingga variannya film animasi dengan durasi singkat.

Aneka dongeng dari "Beauty and the Beast", "Grimm", "Rapunzel dan Cinderela", selalu memikat peminat bergegas menikmati sajiannya. Meraih sisi psikologis penonton, bahwa setiap kita ingin menjadi bagian film dongeng.

Film 'Pretty Woman' yang didukung Julia Roberts dan Richard Gere, para pemain super kece, banyak yang suka. Film ini terinspirasi dari dongeng Rapunzel dan Cinderella. Merangkul sisi romantis penonton menjadi Cinderela yang disunting Pangeran tampan mapan.

Begitupun dongeng lokal dan film Nasional. Selain cerita langsung juga diinspirasi oleh legenda lokal. Beberapa film Nasional bernuansa legenda lokal juga berkiprah di festival film internasional.

Pada tahun 2018, film horor sutradara kawakan Joko Anwar yang berjudul "A Mother's Love", terpilih untuk ditayangkan di program Primetime Toronto International Film Festival (TIFF). Film yang diinspirasi kisah dongeng "Wewe Gombel". Wewe gombel beraksi di Toronto.

Melalui kemasan yang tepat industri film Nasional juga berperan edukasi melalui film terinspirasi dongeng. Bukan hanya muatan pendidikan moral, sekaligus aktualisasi kapasitas pemain film. Meraih kepuasan estetika, etika sekaligus ekonomi sebagai film unggul laris.

Dua, Industri Musik

Sejarah membukukan keterkaitan industri musik dan dongeng. Memanjakan pendengaran dan fantasi penikmatnya. Merambahnya industri musik dalam bentuk video, semakin mendekatkan impian. Paduan audio visual memaksimalkan fantasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN