Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Pembelajar alam

Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Mengapa Seseorang Bisa Alergi terhadap Stroberi?

9 Oktober 2019   00:21 Diperbarui: 9 Oktober 2019   15:19 0 17 7 Mohon Tunggu...
Mengapa Seseorang Bisa Alergi terhadap Stroberi?
Mengapa seseorang alergi terhadap strawberry (sumber: dok pri)

Cuaca panas kering pada bulan Oktober, enaknya mengkonsumsi buah ataupun yang jus yang segar. Apa ya pilihannya? Seseorang menjawab, apa saja asal bukan stroberi sebutan lain strawberry.

Buah stroberi (Fragaria ananassa) dengan tampilan segar berbintik, warna merah menyala dan rasa asam manis segar, siapa yang tidak suka? Dimakan langsung maupun dibuat olahan, serba menggoda. Mengapa ada yang menolak?

Alergi terhadap Buah Stroberi

Namun ternyata tidak semua orang dapat mengkonsumsi buah tersebut dengan aman. Beberapa orang menderita alergi terhadap buah tersebut. Beragam gejala mulai dari bibir bengkak, biduran, ruam kulit hingga terganggunya saluran pernafasan yang membuatnya tersengal-sengal.

Pada seseorang yang sensitif, tubuh menolak jenis protein tertentu pada buah stroberi dan produk turunannya. Sistem kekebalan tubuh mengidentifikasikannya sebagai benda asing atau musuh yang harus dilawan. Mekanisme kekebalan alami, tubuh segera memproduksi antibodi untuk menetralkan protein tersebut.

Namun saat ambang toleransi terlampaui, antibodi tidak sanggup lagi menetralkan protein asing tersebut. Memicu tubuh menghasilkan histamin yang mendorong pelebaran pembuluh darah dan menampakkan gejala alergi.

Sehingga pertolongan pertama seseorang yang menderita alergi termasuk alergi buah stroberi adalah diberi asupan anti histamin. Diharapkan anti histamin yang ditelan akan diserap tubuh dan meredakan alergi.

Alergen pada Stroberi

Protein pembawa sifat alergi secara umum disebut dengan istilah allergen. Penamaannya khas mengikuti sumber allergennya. Semisal pada buah stroberi ditandai dengan Fra a1 (Fragaria allergen 1). Seturut dengan nama strawberry adalah Fragaria ananassa.

Sejumlah studi mengindikasikan Fra a1 ini berkaitan erat dengan protein yang bertanggung jawab pada biosintesis antosianin. Pigmen antosianin adalah zat warna merah yang menandai proses pematangan buah stroberi. Tidak semua antosianin mengandung allergen loh.

Mari simak penelitian Muoz et al. (2010) berjudul "The Strawberry Fruit Fra a Allergen Functions in Flavonoid Biosynthesis" yang disitasi oleh banyak penulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x