Mohon tunggu...
Novrita - Financial Planner
Novrita - Financial Planner Mohon Tunggu...

Perempuan biasa yang profesi utama nya adalah sebagai ibu rumahtangga dengan seorang putri yang sudah beranjak dewasa. Sekaligus juga sebagai INDEPENDENT FINANCIAL PLANNER....\r\nSuka menulis dan berharap apa yang sudah di-share bisa bermanfaat bagi orang lain.\r\n \r\n\r\nNovrita Savitri, SSi, MM, CFP...... find me at my FB : Novrita Perencana Keuangan or follow my twitter @Novri_ta\r\n\r\n

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Memanfaatkan Kartu Kredit sebagai Catatan Pengeluaran

12 April 2011   10:09 Diperbarui: 26 Juni 2015   06:53 0 0 5 Mohon Tunggu...
Memanfaatkan Kartu Kredit sebagai Catatan Pengeluaran
13026027631548718938

Sebagian besar masyarakat sudah banyak mengenal kartu kredit. Ada yang berpendapat postif dan ada yang berpendapat negatif tentang kartu kredit. Bahkan ada juga yang anti kartu kredit.

Kartu kredit kadang dianggap sebagai musuh bagi sebagian orang. Kenapa begitu ? Karena memang seringkali kita kurang bijak atau kurang pandai dalam memanfaatkan kartu kredit itu sendiri, sehingga kita malah jadi terjerat. Kurang biajk yang gimana ? Ya, misal kalau pas lagi jalan ke mall terus tertarik dengan suatu barang meski gak ada cash, kita tetep bisa beli barang tersebut dengan menggunakan kartu kredit dengan anggapan “Ah..bisa ngutang ini dulu...ntar..ntar aja bayar nya”. Dan hal ini biasanya bisa beberapa kali terjadi. Akhirnya pas tagihan datang, kita bisa kaget... kok tagihannya banyak banget ya....

Kalau cara memanfaatkan kartu kredit seperti itu, ya.. bisa tambah pusing kita nanti. Itu sih namanya bukan memanfaatkan tapi kita yang terjebak dalam pemanfaatan kartu kredit. Gak mau dong kita dibikin susah kartu kredit.... Terus kalau memanfaatkan secara benar yang gimana dong ?

Salah satu cara untuk memanfaatkan kartu kredit adalah dengan selalu membayar lunas tagihannya.

Lhah kalau gitu ya biasa aja lagi.... Eits, tapi tunggu dulu.... Kalau kita dapat tagihan kartu kredit pasti di situ ada catatan setiap pengeluaran kita. Nah dari situ kita jadi tahu kemana saja uang kita dibelanjakan.Coba kalau kita bayar dengan cash atau kartu debit, kadang kita tidak terlalu ingat kemana saja belanja kita sampai dana kita berkurang banyak. Misalnya saja untuk tagihan bulan ini membengkak sampai 2x lipat tagihan sebelumnya, tentu kita akan langsung cari tahu kemana saja belanja nya. Dengan membaca detail tagihan, kita bisa menemukan jawabannya. Dan kita bisa bilang..... “Ooo... yang kemarin belanja midnite sale itu yang bikin tagihan jadi melonjak”.

Dan biasanya kita punya lebih dari satu kartu kredit. Kalau kita rajin mengumpulkan lembar tagihan setiap kartu kredit, itu bisa membantu kita untuk mengetahui pengeluaran. Lumayan kan ada semacam asisten yang membantu mencatatkan pengeluaran kita. Dan kita tinggal membuat rekap dari detail tagihan kartu kredit.

Dengan begitu, artinya kita yang memanfaatkan kartu kredit dan bukan sebaliknya kita yang dimanfaatkan.

Okey... selamat memanfaatkan kartu kredit anda.

(Ide tulisan ini dari twitter saya. Please follow me @novri_ta...)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x