Mohon tunggu...
Novita Siti Zubaedah
Novita Siti Zubaedah Mohon Tunggu... Blog Pribadi

Seorang Mahasiswi di jurusan Sejarah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tips untuk Belajar Daring agar Tidak Jenuh

29 Desember 2020   10:31 Diperbarui: 29 Desember 2020   10:35 161 1 0 Mohon Tunggu...

Sejak Maret lalu, pemerintah mulai memberlakukan pembelajaran daring seiring dengan menyebarnya wabah Covid-19 di Indonesia. Mungkin bagi para pelajar awalnya adalah hal yang menyenangkan bisa belajar daring tanpa perlu pergi ke sekolah atau kampusnya. Akan tetapi, perkembangan Covid-19 di Indonesia kian hari kian bertambah yang mengakibatkan kelumpuhan dalam berbagai aspek, khususnya dalam aspek ekonomi dan pendidikan. 

Hampir semua orang yang terkena dampak dari Covid-19 ini mengalami culture shock. Bagaimana tidak, jika biasanya setiap hari kita pergi ke sekolah, bertemu banyak teman, bekerja di kantor, pergi liburan dan banyak kegiatan lainnya yang kita lakukan dengan mudah untuk bepergian kemanapun. Akan tetapi semua itu sekarang sangat dibatasi yang membuat kita terpaksa melakukan kegiatan dirumah untuk meminimalisir pertumbuhan Covid-19. 

Banyak sekali pelajar yang mulai merasa jenuh dengan pembelajaran daring ini, mulai dari tugas yang menumpuk, materi yang sulit dipahami, pembelajaran tidak terstruktur dan lainnya yang membuat pelajar mulai jenuh dengan pembelajaran daring ini. 

Oleh karenanya penulis disini akan berbagi tips bagaimana agar pembelajaran daring tidak merasa jenuh. Yuk kita simak! 

1. Mandi/membersihkan diri sebelum pembelajaran 

Mengapa mandi/membersihkan badan sangat penting? Karena, jika badan kita segar maka kita akan lebih mudah dalam melakukan kegiatan dengan lebih bersemangat. Selain itu, dengan kita membersihkan diri, mood kita akan lebih baik dan siap untuk belajar. Seperti halnya setiap kita akan berangkat ke sekolah, kita pasti bersiap-siap dengan membersihkan badan dan memakai pakaian yang rapih. 

2. Sarapan

Sarapan merupakan hal yang penting juga, karena untuk membuat kita fokus dalam belajar. Jika perut kosong, biasanya kita tidak akan fokus dan akan membuat pembelajaran tidak nyaman. 

3. Siapkan peralatan untuk belajar

Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan untuk belajar seperti buku catatan untuk menulis hal-hal yang penting saat proses pembelajaran, pen/pensil, buku penunjang lainnya, gawai dan laptop/komputer untuk mempermudah proses pembelajaran daring selama di rumah. 

4. Pastikan koneksi internet yang baik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN