Mohon tunggu...
novita mzl
novita mzl Mohon Tunggu... wanita biasa

kerjakan apa yang kamu cintai

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pengusaha Kost-kostan dan Pandemi Covid-19

7 Agustus 2020   17:00 Diperbarui: 7 Agustus 2020   17:01 31 1 0 Mohon Tunggu...

Wabah virus corona atau covid-19 ini memang memiliki dampak yang tidak di duga- duga, baik dalam   pendidikan , perkantoran bahkan  perekonomian manusia. Tapi, yang paling mencolok dampaknya adalah terhadap perekonomian manusia yang kian hari kian sulit akibat dari adanya pandemi covid-19 ini.

Ada beberapa imbas dari pandemi covid-19 ini yang sangat mencolok terhadap sector perekonomian yaitu usaha kost-kostan baik harian, bulanan , maupun tahunan . karena bisnis ini sangat dominan dimiliki banyak orang  apalagi , rumah yang kawasanya berdekatan dengan perkantoran atau yang lebih sering kost-kostan itu di huni mahasiswa yaitu kawasan yang berdekatan dengan kampus/Universitas.

Nah, untuk mengenai kost-kostan ada yang disebutkan kost- an  harian, ada beberapa efek terhadap kost-kostan harian yang di timbulkan  pandemi covid-19 ini. Yang pertama sekali yang dirasakan adalah okupansi menurun drastis untuk market luar kota apalagi yang menggunakan OTA (online travel agent) dikarenakan tamu-tamu yang menggunakan jasa ini tamu dari luar kota bahkan luar Negeri, akibat adanya pandemic ini pastilah adanya penurunan omset dan  terjadi slow moving untuk market lokal.

Sedangkan untuk kost perbulan mungkin sedikit tidak berpengaruh karena penghuni kost banyak yang tetap ngekost meskipun tidak di huni tetapi tidak sedikit pula yang memberhentikan kost-kostnya jadi banyak kost-kostan yang kosong , namun hal ini tidak terlalu terlihat penurunannya  omset tidak begitu jelas terlihat karena bentuk kost-kostan perbulan ini continue atau berlanjut.

Sedangkan untuk kostan yang pertahun sudah bisa dipastiakan ini aman karena, pandemic ini belum terlalu lama jadi bisa dipastikan omset masih bertahaan, namun jika pandemi ini terus berlangsung maka bisa di pastikan juga kostan ini berdampak apalagi ini adalah sebuah investasi jangka panjang. Jadi, para pemilik kost sudah sewajarnya untuk memiliki langkah-langkah atau inovasi baru dalam meningkatkan kualitas kost-kost an.

Karena  bagaimana pun walau dimasa pandemi begini masih ada sebagian karyawan atau pun mahasiswa yang menetap di kost-an dikarenakan ada urusan yang harus diselesaikan , maka dari itu, sebaiknya selaku pemilik kost-kost-an memberikan fasilitas baru untuk para penghuni dimasa pandemi ini , misalnya dengan menyediakan tempat cuci tangan , menyemprot disinfektan ke area kost-kost an dan membagikan  masker kepada penghuni. Walau bagaimana kenyamanan penghuni tetap yang utama . memang agak memakan biaya tapi demi kenyamanan bersama dan meningkatkan kualitas kost-kostan di masa pandemi ini.

VIDEO PILIHAN