Mohon tunggu...
Novita Cantik
Novita Cantik Mohon Tunggu... Bismillah Tuntas

Masa Depan Yang Cerah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pendekatan Studi Islam

11 Desember 2019   13:29 Diperbarui: 11 Desember 2019   13:26 5 0 0 Mohon Tunggu...

A) Pendekatan studi Islam

 Pendekatan studi Islam itu diambil dari kata pendekatan yaitu dari kata tarjamahan dan bahasa Inggris dari appoch. Maksudnya itu adalah disiplin dalam berilmu yang akan dijadikan landasan atau suatu kajian pada studi Islam. Tujuan utama studi Islam yaitu untuk mengetahui, mengkaji atau langkah-langkah metodelogi yang dibuat kajian atau penelitian dari itu sendiri.

B) pendekatan normatif

Pendekatan juga diartikan sebagai cara atau usaha atau suatu langkah agar mendekati sesuatu hal, sedangkan kata normatif yaitu berasal dari kata norm yang artinya norma-norma jadi pendekatan normatif itu adalah suatu peraturan yang tidak boleh dilanggar dan harus dipatuhi.

Pendekatan normatif dibagi menjadi 3:

1) apologetik (umat Islam terhadap         kemajuan jaman)

2) Missionaris (rakyat untuk mempercayai peradaban Islam)

3) ironic (peraturan yang ada di Indonesia yang terkadang menimbulkan konflik.

C) pendekatan semantik

Pendekatan semantik adalah studi tentang makna bahasa, menurut ahli bahasa adalah cabang-cabang dari ilmu bahasa yang mempelajari hubungan antara tanda-tanda liguistik dengan hal yang ditandai. Jadi semantik itu adalah sebagian dari cabang ilmu liguistik yang mengkaji atau mempelajari tentang makna dan merupakan komponen-komponen data tata cara bahasa. Untuk mengetahui atau mengkaji suatu bahasa.

VIDEO PILIHAN