Mohon tunggu...
Novita RatnaDewi
Novita RatnaDewi Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Enjing Sehat, Mahasiswa KKN UM 2021 Tanjungharjo Mengedukasi Pentingnya Pola Hidup Sehat untuk Anak-anak Tanjungharjo

15 Juni 2021   07:20 Diperbarui: 15 Juni 2021   08:29 226 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Enjing Sehat, Mahasiswa KKN UM 2021 Tanjungharjo Mengedukasi Pentingnya Pola Hidup Sehat untuk Anak-anak Tanjungharjo
gambar. lomba makan kerupuk / dokpri

Pandemi covid 19 yang tidak kunjung mereda di Indonesia terus menjadi perhatian khusus oleh masyarakat dan pemerintah. Perlu adanya pencegahan agar tidak terus meningkat. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan meningkatkan imun tubuh dengan berjemur di bawah sinar matahari dan melakukan aktivitas olahraga. 

Oleh sebab itu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang 2021 di desa Tanjungharjo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro mengadakan kegiatan bertajuk "Enjing Sehat" yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pola hidup sehat khususnya untuk anak-anak. Sesuai dengan namanya "Enjing" yang berarti pagi, kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu pagi (14/6/2021) di lapangan voly desa. 

Rangkaian kegiatan dimulai dengan mengajak anak-anak berjalan pagi bersama dengan rute memutar mengelilingi RT 17 kemudian berakhir di finish yang sama yaitu lapangan voly. Kegiatan dilanjutkan dengan bermain permainan tradisional yang sudah disiapkan oleh Mahasiswa terdiri dari permainan pukul air, memasukkan paku dalam botol, dan lomba  makan kerupuk.

Anak-anak yang rata-rata masih berusia Sekolah Dasar ini sangat antusias mengikuti kegiatan. Anak-anak mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. "Seneng soalnya biar main sekalian olahraga" Ujar Safira, salah satu anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar kelas 4. Setelah melakukan banyak aktivitas olahraga Mahasiswa KKN juga memberikan edukasi tentang bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan air mengalir serta dengan enam langkah yang benar.

gambar. foto bersama / dokpri
gambar. foto bersama / dokpri

"Kegiatan ini dilakukan untuk mengedukasi anak-anak di sekitar Tanjungharjo tentang pentingnya pola hidup sehat yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari dan  melakukan aktivitas olahraga. Selain itu kami juga memberikan edukasi tentang cara mencuci tangan yang benar. Selama ini kan anak-anak mencuci tangan dengan asal-asalan, istilahnya asal kena air." Ujar Rizal, salah satu mahasiswa KKN.

Kegiatan berlangsung mulai dari pukul 07.00-11.00 siang yang diakhiri dengan pemberian hadiah dan pembagian jelly untuk anak-anak. Rizal juga menambahkan anak-anak akan lebih tertarik melakukan olahraga yang dibungkus dengan permainan,  jadi sehatnya dapat serunya juga dapat.

VIDEO PILIHAN