Mohon tunggu...
Novi Nurul Khotimah
Novi Nurul Khotimah Mohon Tunggu... Administrasi - Menulislah dengan hati

GURU MULIA ADALAH GURU YANG BERKARYA

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Bintang Lima buat Kompasiana

7 Januari 2021   15:36 Diperbarui: 7 Januari 2021   15:39 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
gambaridco.blogspot.com

Sengaja saya mengambil judul "Bintang Lima Buat Kompasiana" untuk tulisan saya kali ini, sebagai ungkapan rasa terima kasih yang mendalam. Sebelumnya saya pernah menulis dengan judul "Rumah Menulis Itu Kompasiana" pada akhir tahun 2018 . Saya meminjam istilah kelas tertinggi dalam dunia perhotelan. Kelas paling mewah untuk segala fasilitas yang ditawarkannya. Jika saya meminjam istilah bintang tujuh, nanti para pembaca beranggapan saya sedang mengiklankan sebuah produk obat sakit kepala hehe....

Awal tahun tepatnya bulan kedua pada tanggal 5 Februari 2017 merupakan saat pengingat saya yang utama buat kompasiana yang kini selalu dihati saya. Dan takkan pernah terlupakan juga artikel pertama saya sebagai tonggak dalam sejarah kepenulisan saya di kompasiana yaitu berjudul "Sekolahku adalah Surgaku". Kini tulisan itu sudah bertumbuh dan berkembang mencapai 465 tulisan dengan berbagai kategori. Sungguh kompasiana berbaik hati mengarsipkan semua tulisan saya bahkan menuliskannya jumlahnya, yang saya sendiri jika tidak membuka halaman profil saya di kompasiana tidaklah mampu mengingat untuk berapa jumlah tulisan yang sudah saya tuliskan. Terima kasih kompasiana... saya semakin cinta ...

Tahun ini memasuki masa yang keempat tahun saya bergabung bersama kompasiana yang baik hati menerima saya sebagai salah satu kompasianer. Dalam kurun waktu empat tahun itu, sungguh luar biasa apa yang telah saya peroleh, banyak sekali terutama dalam hal dunia kepenulisan, maupun perolehan nilai-nilai kehidupan dari para penulis senior yang sangat menginspirasi, sepasang sejoli yang sangat cinta menulis, tak pelit berbagi pengalaman yang selalu sarat nilai kebaikan dalam hidup, yakni Bapak dan Ibu Tjiptadinata. Bisa jadi jika memasuki bangku kuliah dalam kurun waktu empat tahun sudah memperoleh gelar sarjana.

Bersama kompasiana saya bebas berekspresi, tak ragu untuk berkarya dalam rangkaian aksara bermakna. Kompasiana telah memberikan ruang kepada saya untuk menuliskan rangkaian kata dalam berbagai kategori sesuai passion yang saya suka. Meskipun terkadang semua kategori ingin saya mencoba menuliskannya. Mulai dari kategori Ekonomi hingga kategori wisata. Bukan ingin menjadi orang yang kemaruk sih,,,tetapi rasa penasaran yang tinggi tetapi itu belum kesampaian. Seperti kategori ekonomi dan politik. Namun bukan berarti tidak menyimak tulisan-tulisan para kompasianer hebat-hebat di bidang itu, justru dengan membaca tulisan-tulisan para kompasianer hebat itu saya banyak belajar tentang dunia itu yang semula saya kurang menyukainya. Dengan demikian banyak ilmu baru yang saya dapat di rumah besar kompasiana ini.

Selain itu, banyak hal yang saya dapat sekait nilai-nilai kebaikan selama bergabung di kompasiana ini. Setidaknya ada 5 hal yang tercatat dalam kehidupan saya. Apa sajakah itu?

1.  Mempunyai Rumah Menulis

Semenjak bergabung dengan kompasiana semangat menulis saya seperti bensin yang terpantik api, menyala dan membara, semua kategori ingin dicoba. Apapun kegiatan yang saya lakukan baik dalam kaitan kedinasan ataupun aktivitas di keluarga, rasanya belum afdol jika tidak segera menuliskannya dan menyimpannya di rumah besar kompasiana ini untuk selanjutnya ditayangkan. Jangan ditanya bagaimana paniknya, pada suatu ketika tulisan saya belum bisa ditayangkan, semua orang yang ahli bidang IT saya tanya satu persatu..ternyata memang sedang ada gangguan hehe...

Terbukti di rumah ini kini tulisan saya sudah tercatat 465 tulisan, meskipun saya merasa itu belumlah maksimal jika saya membandingkannya dengan kompasianer hebat yang menjadi papan atas di rumah ini. Namun hal ini tetap saya syukuri agar lebih meningkatkan lagi kualitas juga kuantitas menulis saya.

2. Mendapatkan Keluarga Baru

Bersama rumah menulis kompasiana saya seakan mendapatkan keluarga baru yang harmonis. Dari mulai admin kompasiana hingga para kompasianernya ramah dalam berkomunikasi di dunia maya. Keluarga yang terdiri dari banyak anggota, berbagai kalangan yang tidak memandang status, dari usia muda hingga lanjut usia, sebutan junior hingga senior, dan lain sebagainya yang terkait dengan aneka ragam perbedaan. Disini dipersatuan dalam satu frekuensi yang sama-sama memiliki kecintaan pada dunia menulis. Berbagai tulisan lengkap ada disini yang dituangkan oleh para anggotanya yakni para kompasianer. Saling menyapa, saling memberi vote dan saling mengomentari sebagai cara untuk memberi semangat dan apresiasi. Jika sudah terbangun komunikasi seperti ini rasanya seperti sudah kenal dekat, percakapan penuh keakraban padahal secara langsung tatap muka banyaklah yang belum bertemu.

3. Saling Menghargai Sesama Penulis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun