Novi Nurul Khotimah
Novi Nurul Khotimah Pendidik

GURU MULIA ADALAH GURU YANG BERKARYA

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

"Outdoor Classroom Day", Menuju Terwujudnya Sekolah yang Ramah Anak

1 November 2018   19:35 Diperbarui: 3 November 2018   13:48 492 8 3
"Outdoor Classroom Day", Menuju Terwujudnya Sekolah yang Ramah Anak
dok.pribadi

Euforia luar biasa terjadi pada hari ini di setiap jenjang sekolah. Mulai SD/MI/SMP/MTS serentak mengkampanyekan pelaksanaan Outdoor Classroom Day (OCD). 

Outdoor Classroom Day atau Belajar di Luar Kelas ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis 01 November 2018. 

Kegiatan Belajar di Luar Kelas ini diisi dengan  diawali penyambutan siswa dengan penguatan karakter siswa pada aspek 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun).

Menyanyikan lagu Indonesia Raya merupakan rangkaian kegiatan ini. Berikutnya, dilanjutkan dengan senam bersama, sarapan bersama, dan kegiatan-kegiatan lain yang sudah dirancang oleh sekolah masing-masing. Kegiatan yang dirancang sebagai upaya untuk mempercepat terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA).

dokpri
dokpri
Belajar di Luar Kelas dapat memberikan inspirasi dalam aktivitas belajar di luar kelas dengan mengintegrasikan berbagai tema dalam proses pembelajaran. Namun demikian tidak mengesampingkan unsur bermain pada diri anak-anak. 

Permainan tradisional menjadi  bagian dari kegiatan OCD ini. Bermain merupakan salah satu hak anak. Dengan bermain mampu mengajarkan berbagai keterampilan penting pada kehidupan anak-anak. 

Mereka akan mampu membangun kerjasama, kreativitas, solidaritas, gotong royong, kemandirian, disiplin, tanggung jawab, dan sikap-sikap baik lainnya agar mampu membentuk pribadi-pribadi yang memiliki integritas. Bermain pun, menjadikan siswa senang, ceria, dan bergembira. Dengan demikian dapat meningkatkan semangat dan gairah untuk belajar.

dok.pribadi
dok.pribadi
Selain itu, Belajar di Luar Kelas merupakan sarana untuk membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan sarapan bergizi, setiap hari, mencintai kebersihan, membiasakan membuang sampah pada tempatnya, merawat tanaman di lingkungan sekolah, membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta perilaku-perilaku lainnya dalam penguatan pendidikan karakter siswa.

Pada dasarnya dengan Belajar di Luar Kelas merupakan bagian menciptakan suasana baru dalam pembelajaran. Anak-anak belajar di alam bebas tanpa terhalang dinding tembok, menghirup udara segar bersahabat dengan alam. Belajar bagaimana menjaga alam dan melestarikan alam sehingga timbul keterikatan antara anak-anak dengan alam.

Dan hari ini kegiatan itu serentak dilaksanakan di setiap sekolah. Tak terkecuali di SDN Kalijaga Permai Kota Cirebon. Hari ini, diawal bulan November merupakan hari yang sangat special. Anak-anak beserta guru-guru sangat antusias dalam mengisi kegiatan OCD ini. 

Aura semangat mereka tunjukkan dengan yel-yel yang membangkitkan motivasi belajar. Anak-anak senang, riang gembira, guru-gurupun sangat bahagia. Tak ketinggalan jepret sana jepret sini pada setiap momen, untuk mengabadikan kegiatan dan di share di komunitas grup medsos. Sebagai dokumentasi kegiatan di zaman kekinian hehe .

Sudah bisa dipastikan grup medsos yang tergabung beberapa sekolah di dalamnya berseliweran foto-foto kegiatan yang sama. Grup sebelah tsunami OCD, seorang rekan saya mengomentari grup yang sedang bertaburan foto-foto kegiatan siswa dengan OCDnya. 

Nggak apa-apa euforia baik hehe...rekan saya yang lain menimpali. Yah,,..aku juga love,rekan saya menyahut kembali. Sekilas percakapan diantara para guru. Hemmm.ternyata guru-gurunya pun sangat suka dan cinta kegiatan OCD ini.

Itulah goresan pena saya tentang hari ini. Semoga Outdoor Classroom Day semakin menginspirasi dalam aktivitas belajar mengajar, semakin menyatukan anak-anak dengan alam, dan mereka semakin mencintai alam ini dengan memiliki rasa keterikatan yang kuat untuk menjaga dan melestarikannya.

Terima kasih yang telah berkenan membaca tulisan saya ini.

Salam bahagia selalu!!!

Cirebon,01112018
Novi Nurul Khotimah