Mohon tunggu...
Novi Nurul Khotimah
Novi Nurul Khotimah Mohon Tunggu... Administrasi - Menulislah dengan hati

GURU MULIA ADALAH GURU YANG BERKARYA

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Keluarga Cemara, Cermin Keluarga Bahagia

20 April 2018   12:37 Diperbarui: 20 April 2018   12:39 1820
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Beberapa hari yang lalu saya memposting foto kebersamaan keluarga kecil saya di salah satu media sosial. Diantara sekian banyak komentar, ada salah seorang teman saya, lebih tepatnya guru yang selalu memberi motivasi dan menginpirasi dalam perjalanan karir saya. 

Beliau adalah salah seorang widyaiswara senior di LPMP Jawa Barat. Beliau selalu memberi komentar "Keluarga Cemara" ketika saya memposting foto keluarga. 

Entah mengapa, saya sangat menyukai sebutan itu. Memiliki rasa kebanggaan tersendiri dengan menyampaikan terima kasih serta tidak melupakan rasa syukur pada Sang Pemilik Kehidupan.

Keluarga Cemara mengingatkan saya tentang serial drama keluarga beberapa puluh tahun silam, tepatnya pada era tahun 90-an. Serial drama itu sangat melekat dihati saya atau mungkin siapa saja yang pernah menonton tayangannya di masa itu. 

Keluarga Cemara merupakan gambaran sebuah keluarga kecil dengan kehidupan yang sederhana. Namun memancarkan kebahagiaan yang nyaris sempurna. Mengambil latar di daerah pedesaan dengan suasana sejuk, tenang, damai dan sejahtera semakin melengkapi kesempurnaan dengan lagu pembukanya yang memiliki nilai edukasi yang sangat tinggi. 

Saya begitu terkesan dengan lirik sederhana di lagu itu, tetapi memiliki makna sangat mendalam. Ada banyak tertanam nila-nilai karakter seperti religius, kesederhanaan, kejujuran, kasih sayang antar anggota keluarga, saling menghargai, gotong royong, kemandirian, dan lain sebagainya. Masing-masing pemeran memiliki karakter yang kuat.

....

Harta yang paling berharga adalah keluarga

Istana yang paling indah adalah keluarga

Puisi yang paling bermakna adalah keluarga

Mutiara tiada tara adalah keluarga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun