Mohon tunggu...
Ekonomi

Merambahnya Bisnis E-commerce Saat Ini

22 Agustus 2017   09:00 Diperbarui: 22 Agustus 2017   09:44 0 0 0 Mohon Tunggu...
Merambahnya Bisnis E-commerce Saat Ini
onlinefilings.co.in

Perkembangan teknologi (tele)komunikasi dan komputer memicu perubahan kultur sehari-hari. Dalam era yang disebut "information age", media elektronik menjadi andalan masyarakat dalam komunikasi dan bisnis. E-commerce adalah extension dari commerce yang mengandalkan media elektronik.

Dalam mengimplementasikan e-commerce tersedia suatu integrasi rantai nilai dari infrastruktur yang terdiri dari tiga lapis, yaitu infrastruktur sistem distribusi (flow of good), insfrastruktur pembayaran (flow of money), dan infrastruktur sistem informasi (flow of information). Agar sistem rantai suplai terintegrasi maka diperlukannya integrasi enterprise system untuk mendukung supply chain visibility.  

Definisi E-commerce

E-commerce sendiri adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang bertujuan untuk mengambil keuntungan, seperti penjualan, pembelian, pelayanan, informasi, dan perdagangan melalui perantara suatu jaringan komputer, terutama internet.

E-commerce (perdagangan elektronik) adalah penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik, seperti internet, TV, www, atau jaringan komputer lain.

Dalam berbagai kasus, perusahaan e-commerce dapat bertahan tidak hanya dengan mengandalkan kekuatan produk saja, tapi manajemen tim yang handal, pengiriman tepat waktu, pelayanan memuaskan, jaringan infrastrukur, dan masih banyak lagi. Ada beberapa faktor yang juga mendukung perkembanngan bisnis e-commerce, antara lain:

  • Menyediakan harga kompetitif
  • Menyediakan informasi barang tau jasa secara lengkap
  • Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, ramah, dan cepat
  • Mempermudah kegiatan perdagangan, dll.

Memang, saat ini jumlah pemain bisnis e-commerce di Indonesia diperkirakan terus bertumbuh seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang mulai beralih mengembangkan usaha ke ranah digital. Jadi, tidak mengherankan jika saat ini akan sangat mudah bagi Anda untuk menemukan bisnis e-commerce di Indonesia. Selain e-commerce, ada juga jasa e-commerce enabler atau fulfillment untuk membanttu Anda yang ingin menjalankan bisnis online. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x