Mohon tunggu...
Novi Setyowati
Novi Setyowati Mohon Tunggu... berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Lebih Suka Mana, Cakey Brownies atau Fudgy Brownies?

10 Juni 2021   08:00 Diperbarui: 10 Juni 2021   08:29 185 15 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lebih Suka Mana, Cakey Brownies atau Fudgy Brownies?
Ilustrasi brownies (Sumber gambar: Pixabay/silviarita)

Siapa yang tak kenal brownies? Kue cokelat lembut dengan teksturnya yang khas! Bahkan, saat ini telah banyak di luaran sana bisnis brownies yang semakin menjamur. 

Semakin kekinian, brownies pun semakin bervariasi dari segi rasa dan juga topping. Sebut saja, brownies cokelat-pandan, cokelat-blueberi, atau juga yang paling klasik, brownies pisang.

Begitu pula dari segi topping. Jika dulunya mungkin hanya berhiaskan cokelat, kacang-kacangan, dan juga keju, kini justru semakin banyak variasi lainnya seperti Oreo, matcha, Milo, dan masih banyak lagi variasi lainnya.

Ilustrasi brownies (Sumber gambar: Pixabay/791101)
Ilustrasi brownies (Sumber gambar: Pixabay/791101)
Variasi brownies tak hanya terletak pada rasa dan juga hiasan pelengkapnya, tapi juga teksturnya yang dipengaruhi oleh metode pematangan brownies yang juga akan mempengaruhi tingkat ketahanan brownies jika disimpan dalam suhu ruang. Sebut saja brownies panggang dan juga brownies kukus.

Brownies kukus akan memberi kesan lembut dan tak begitu kering. Beratnya pun tak cukup ringan jika dibandingkan dengan brownies panggang. Dari segi ketahanan, akan lebih baik jika menyimpan brownies kukus di lemari pendingin agar tak cepat berjamur di suhu ruang karena teksturnya yang agak basah akibat pengukusan.

Sementara untuk brownies panggang, proses pemanggangan akan membuat adonnya jauh lebih kering dan ringan daripada brownies kukus. Teksturnya tetap lembut dan tidak begitu basah. Karenanya, brownies panggang akan lebih awet meski disimpan di suhu ruang dalam waktu satu hingga dua minggu lamanya.

Terlepas dari perbedaan rasa, variasi bahan pelengkap, dan juga metode yang digunakan, brownies juga mempunyai perbedaan dari segi tekstur yang dihasilkan. Perbedaan tekstur ini tak lain diakibatkan oleh perbedaan takaran atau perbandingan dari komposisi yang digunakannya.

Alhasil, brownies pun terbagi menjadi dua jenis, yakni cakey brownies dan juga fudgy brownies.

Nah, apa sih perbedaannya dan bagaimana cara untuk menghasilkan tekstur brownies yang berbeda ini?

Cakey brownies

Dari namanya saja sudah bisa ditebak ya, kalau brownies jenis ini menyerupai sebuah cake. Brownies jenis ini juga adalah jenis brownies yang paling umum dijual di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x