Mohon tunggu...
Novi Setyowati
Novi Setyowati Mohon Tunggu... Lainnya - berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

7 Bentuk Self Reward yang Bisa Dilakukan sebagai Upaya Apresiasi Diri

6 Maret 2021   21:00 Diperbarui: 31 Maret 2021   16:46 1517
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi bekerja (Sumber gambar: Pixabay/Free-Photos)

Penat setelah seharian bekerja, tentu sudah menjadi hal yang lumrah dirasakan hampir setiap harinya. Baik lelah secara fisik maupun lelah secara batin.

Hah? Batin?

Ya, sebut saja jika terdapat hal-hal yang mengganggu kita di tempat kerja. Rekan kerja yang menyebalkan atau kejar-kejaran dengan deadline, misalnya. 

Seringkali hal-hal tersebut pun mengganggu kesehatan mental kita dan justru menimbulkan perasaan tertekan ataupun stress.

Jika sudah demikian, tentu kita tidak akan menghitung kerja keras kita hanya sebatas pada tenaga atau fisik dalam menyelesaikan pekerjaan, tetapi kerja keras untuk menahan emosi dan bersabar dengan hal-hal lain yang menyebalkan di tempat kerja.


Belum lagi, jika bekerja di ibu kota dan harus menerjang macetnya perjalanan setiap hari. Istilahnya, berangkat ketika masih gelap dan pulang pun ketika sudah gelap. Kerja keras kita juga terhitung dengan menerjang macet dan polusi di jalanan.

Sebelum dan saat pandemi

Jika sebelum pandemi, mungkin kita bekerja hanya Senin hingga Jumat, dan itupun mungkin umumnya hanya delapan jam sehari untuk para pekerja kantoran. Sehingga setiap Sabtu dan Minggu masih bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal diluar pekerjaan untuk menghibur diri.

Tapi, saat pandemi, saat work from home (wfh) mulai menjadi kebiasaan bekerja, sepertinya jam bekerja menjadi lebih panjang karena fleksibilitas waktu. 

Rekan-rekan saya hampir setiap hari bekerja bahkan hingga larut malam karena semakin banyak pertemuan-pertemuan virtual yang tak kunjung waktu. Pun demikian pada hari Sabtu dan hari Minggu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun