Mohon tunggu...
Novia Zahro
Novia Zahro Mohon Tunggu... Guru - PIAUD'16

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Faktor Pengaruh Belajar Anak

10 Desember 2017   21:55 Diperbarui: 10 Desember 2017   21:57 452
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Faktor Lingkungan

Faktor ini sangat berpengaruh terhadap pendidikan anak usia dini, yang dimaksud faktor lingkungan disini ialah berupa lingkungan fisik yang ada dipaud seerti adanya suara, suhu, dan desain kelas. Apabila lingkungan lingkungan fisik tersebut terkontrol dengan baik maka maka anak usia dini ini akan merasa nyaman dalam belajar.

Faktor Sosial

Faktor ini sangat berpengaruh dalam pendidikan perkembangan kecakapan sosial anak. Dalam kondisi sosial ini anak akan belajar bagaimana bekerja sama, beronteraksi, sehingga anak akan belajar menghargai orang lain. Ketika faktor sosial berperan sangat baikdalam pendidikan anak usia dini, maka perkembangan belajar anak pun nantinya juga akan meningkat, khususnya dalam bidang sosial.

Faktor Emosi

Yaitu emosional, yang mempengaruhi anak belajar. Emosional disini berkaitan dengan motivasi anak dalam belajar. Ketika anak memiliki emosi yang sangat bagus dia akan semangat belajar dan ketika mereka sedang dalam emosi yang tidak bagus, anak usia dini cenderung tidak mau untuk diajak belajar. Karena kondisi emosi tiap anak berbeda-beda maka pendidik memiliki tugas ekstra untuk mencari strategi yang dapat membangkitkan motivasi mereka dalam belajar.

Faktor Fisik

Anak dalam mengikuti pembelajaran. Anak memerlukan kesiapan fisik yang cukup baik untuk belajar, kesiapan fisik yang dimaksud di sini adalah berkaitan dengan kondisi anak yang berkaitan dengan makan, minum, istirahat, kecukupan waktu tidur, dan aktivitas yang dilakukan. Ketika kondisi anak dalam keadaan tidak dalam keadaan baik misalnya terlalu lelah,

Hal tersebut akan mempengaruhi bagaimana anak dalam belajar, ketika anak lelah anak tidak semangat lagi dalam belajar. Oleh karena itu faktor kegiatan yang dilakuakan dalam pembelajaran PAUD harus memperhatikan hal tersebut sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan optmal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun