Sosbud

Kirab Obor Asian Para Games 2018

5 September 2018   21:08 Diperbarui: 5 September 2018   23:56 1011 2 0

Surakarta -- Setelah sukses menggelar kirab Asian Games 2018. Solo kembali menggelar pawai Asian Para Games 2018 (5/9). Berbeda dengan Asian Games, Asian Para games ini digelar khusus bagi Atlet penyandang difabel. Dengan mengusung tema "Inspiring Spirit And Energy of Asia" para atlit difabel siap melangsungkan pesta olah raga di Asian Para Games 2018 ini. Melansir dari berbagai sumber Asian Para Games ini akan di gelar pada 6-13 Oktober 2108 di Gelora Bung Karno Jakarta.

Selain bangga menjadi tuan rumah Asian Games,  Kota yang memiliki julukan "The spirit of Java" ikut merasa bangga telah menjadi bagian awal dari pembukaan Asian games dan Asian Para games ini.  Solo menjadi kota pertama dilewatinya obor Asian Para Games.  Kirab obor dimulai setelah api diambil dari Api abadi Mrapen, desa Manggarmas, kecamatan Godong, kabupaten Grobogan. Api dibawa dalam lentera khusus dan diantar menuju kota Solo. Bertempat di Balai kota Surakarta ceremony pawa Asian Para Games dibuka langsung oleh wali kota solo F.X Hadi Rudiyatmo,  mentri koordinator bidang pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik indonesia Puan Maharani dan ketua Atlet penyandang difabilitas. 

Setelah dari Solo Obor akan kembali di kirab menuju Ternate, Makasar, Bali, Pontianak, Medan, dan Pangkal Pinang, sebelum berakhir di Jakarta . Dengan semarak digelorakannya Asian para games,  atlet difabel para penyandang semakin bersemangat dan tidak mau kalah dengan keadaan terus berkarya berjuang bersama Indonesia. Seperti Asian games lalu diharapkan Asian para games juga dapat masuk peringkat 10 besar.