Sumber : lentera kecilÂ
Program pelatihan umumnya disusun berdasarkan kebutuhan akan peningkatan kompetensi yang diharapkan akan dipenuhi atau pemenuhan gap kinerja antarpegawai.Â
Program pelatihan tentunya disusun sesuai dengan apa yang kita butuhkan sehingga program pelatihan yang nantinya diselenggarakan pasti berjalan baik dan lancar.Â
Penyelenggaraan program pelatihan yang baik dan lancar belum tentu optimal, karena bisa jadi masih banyak persoalan yang terjadi . Evaluasi program pelatihan merupakan evaluasi yang bersifat holistik, yang dipergunakan untuk menilai efektivitas dan efisiensi suatu program pelatihan. Evaluasi program pelatihan dibedakan menjadi dua yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Evaluasi formatif digunakan sebagai sarana pengumpulan data dan informasi yang akan dimanfaatkan sebagai dasar dalam memperbaiki kualitas program pelatihan.
Tujuan Evaluasi Program PLS/Pelatihan Orang Dewasa Tujuan adalah unsur yang amat penting dalam evaluasi program pendidikan luar sekolah/pelatihan orang dewasa. Tujuan evaluasi berfungsi sebagai pengarah kegiatan evaluasi program dan sebagai acuan untuk mengetahui efisiensi dan efektivitas evaluasi program.Â
Tujuan evaluasi terdiri atas tujuan umum (goals) dan tujuan khusus (objectives). Menurut D.Sudjana (2006:48) Tujuan umum evaluasi program PLS adalah menyediakan atau menyajikan data sebagai masukan bagi pengambilan keputusan tentang program tersebut. Menurut Sujana, tujuan umum dapat dijabarkan dalam berbagai tujuan khusus.Â
Tujuan-tujuan khusus evaluasi program pendidikan luar sekolah atau pelatihan orang dewasa tersebut bermacam-macam, di antaranya sebagaimana dikemukakan D. Sujana (2006: 35-49) sebagai berikut:
(1) memberikan masukan untuk perencanaan program,
(2) memberikan masukan untuk kelanjutan, perluasan, dan penghentian program,
(3) memberi masukan untuk modifikasi program,