Mohon tunggu...
Novi Indriani
Novi Indriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Negeri Malang

bukan siapa-siapa, cuma penyuka kucing yang punya banyak mimpi dan suka nulis. follow aja instagram @novi.indrian_

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

EDUBOT, Media Pembelajaran Edukatif untuk Siswa SMP Kelas IX Karya Mahasiswa UM

14 Juli 2021   21:57 Diperbarui: 14 Juli 2021   22:24 242 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
EDUBOT, Media Pembelajaran Edukatif untuk Siswa SMP Kelas IX Karya Mahasiswa UM
EDUBOT, Media Pembelajaran Edukatif Karya Mahasiswa UM. Sumber Gambar: Dokpri

Lima Mahasiswa Universitas Negeri Malang menciptakan media pembelajaran edukatif berbasis STREAM (Science, Technology, Reading, Engineering, Arts dan Mathematics) untuk materi listrik dinamis yang diberi nama EDUBOT (Education Robotic). Dengan konsep EduKIT dan dikolaborasikan dengan pendekatan STREAM.

Alfinda Unzilatur, Ketua Tim EDUBOT mengungkapkan, terciptanya media pembelajaran ini berawal dari permasalahan yang didapat dari studi literatur yang menyatakan bahwa materi listrik dinamis ini adalah materi yang bersifat abstrak sehingga guru mengalami kesusahan untuk mengkonkretkan materi tersebut.

EDUBOT, Media Pembelajaran Edukatif Karya Mahasiswa UM. Sumber Gambar: Dokpri
EDUBOT, Media Pembelajaran Edukatif Karya Mahasiswa UM. Sumber Gambar: Dokpri

"Kami ingin membuat produk yang bermanfaat untuk pendidikan serta sesuai dengan perkembangan zaman," kata mahasiswa Pendidikan IPA itu. EDUBOT menjadi inovasi pembelajaran pada materi listrik dinamis SMP. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa EDUBOT dapat berkembang menjadi media pembelajaran pada materi dan jenjang yang lainnya. Produksi dilakukan sejak bulan Juli 2021 di Mangliawan, Pakis, Kabupaten Malang.

Dokpri
Dokpri

Sebelumnya sekolah sudah mempunyai media pembelajaran berupa alat peraga dan EduKIT. Akan tetapi itu tidak begitu efektif.

"Sekolah sudah mempunyai media pembelajaran biasanya berupa alat peraga dan media KIT, akan tetapi media pembelajaran tersebut belum berbasis STREAM yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu dan siswa hanya fokus untuk merangkai alat dan menghapal konsep tanpa adanya pengalaman secara nyata dalam proses pembelajaran," sambung Ketua Tim PKM Kewirausahaan itu.

EDUBOT, Media Pembelajaran Edukatif Karya Mahasiswa UM. Dokpri
EDUBOT, Media Pembelajaran Edukatif Karya Mahasiswa UM. Dokpri

Kelemahan-kelemahan itulah yang dijadikan mahasiswa bimbingan Ibu Erti Hamimi, S.Pd., M.Sc. sebagai kelebihan dan akan diperkenalkan ke Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia. Menggunakan konsep EduKIT yang akan dirangkai siswa menjadi robot ini dapat mengikuti perkembangan di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini.

Selain itu, menggunakan website yang memiliki tampilan yang menarik serta dilengkapi menu guru yang bisa mengakses bahan ajar dan menu siswa yang dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa, buku panduan dan juga handout yang berisi materi listrik dinamis. Bukan hanya itu, EDUBOT terbukti dapat menjadikan siswa lebih kritis, kreatif, inovatif dan kolaboratif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN