Mohon tunggu...
Nova Sabilatussalwa
Nova Sabilatussalwa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Follow Your Dreams

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Cara Membuat Martabak Homemode

29 November 2021   12:25 Diperbarui: 29 November 2021   12:41 55 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Martabak salah satu makanan kaki lima yang khas. Hampir disetiap jalan di negara Indonesia ini terdapat banyak sekali yang menjualnya. Mulai dari yang spesial sampai yang komplit. 

Martabak sendiri didalamnya biasanya terdapat daging atau pun kocokan telur yang natural namun semua itu luar biasa enaknya. Harus diakui penggemar martabak tidak sedikit, jadi jika ada martabak yang enak pasti membeludak sekali pengemarnya.

Lalu bagaimana kalo membuat sendiri? Apakah sulit? Apakah rasanya enak? Atau apakah membutuhkan biaya yang banyak? Dan jawabannya adalah tidak bahkan simpel sekali membuatnya dan pastinya rasanya enak guys. Mungkin kalian yang baru belajar juga bisa kok membuatnya. Berikut langsung aja ikuti cara membuatnya ya.

Bahan

  • 2 Telur
  • Mie bihun putih yang sudah matang (bisa tidak usah)
  • Kulit martabak (bisa membuat sendiri/beli jadi)

Bahan kulit martabak membuat sendiri

  1. Tepung terigu 100 gram
  2. Garam secukupnya
  3. Air secukupnya
  4. Minyak goreng
  • Daun bawang yang sudah dipotong (secukupnya sesuai selera)
  • Bumbu penyedap (1 sendok teh)
  • Garam (setengah sendok teh)
  • Daging ayam/sapi/sosis yang sudah dipotong dadu (sesuai selera)
  • Mentega (bisa iya bisa tidak)
  • Minyak goreng

Peroses membuat

  1. Pecahkan 2 butir telur diatas mangkok lalu aduk hingga merata.
  2. Masukkan daun bawang, mie bihun putih, daging/sosis, bumbu penyedap, dan garam kedalam telur yang sudah diaduk tadi dan aduk kembali hingga tercampur sempurna.
  3. Campur bahan-bahan untuk membuat kulit martabak yang sudah tertera diatas secara perlahan-lahan (Tepung terigu, garam) lalu tambahkan sedikit demi sedikit air dan aduk hingga kalis. Ketika sudah kalis tuangkan sedikit demi sedikit juga minyak hingga tidak lengket lagi adonannya. Buat bundaran-bundaran kecil seperti bola untuk dipipihkan dengan roll/botol. Pipihkan hingga dirasa sudah cukup tipis untuk kulit martabaknya.
  4. Taruh teflon/wajan diatas kompor dan nyalakan apinya, ketika sudah dinyalakan apinya berikan sedikit mentega (secukupnya untuk 1 martabak) dan tambahkan juga sedikit minyak. 
  5. Saat sudah panas taruh kulit martabak yang sebelumnya sudah dipipihkan tadi diatas teflon/wajan dan tuangkan adonan kocokan telur dan yang lain tadi diatas kulit martabak tersebut.
  6. Jangan dibalik biarkan sebentar yang bagian bawa lumayan kering terlebih dahulu, jika sudah kering lipat menjadi seperti setengah bulan atau dibentuk kotak persegi panjang, dan goreng hingga matang (jangan sampai gosong ya).
  7. Ketika sudah matang sempurna angkat dan tiriskan hingga minyaknya berkurang dimartabak tersebut, saat minyaknya sudah berkurang sajikan martabak sesuai selera.

Gimana mudah sekali kan cara membuatnya. Untuk bahan-bahannya juga harganya tidak terlalu mahal, jadi martabak homemade ini sangat menghemat kantong sekali hahahhaha dan tentunya menyehatkan. 

Paling enak sih dimakan saat musim dingin dan malam hari dengan sambal saos atau cabe yang pedas saat martabaknya masih panaskan. Semoga kalian semua suka ya dan bisa juga untuk kalian buat sebagai peluang usaha kalian. Udah dapat enak dapat uang pula hahahahhaha. Selamat mencoba dan menikmati semuanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan