Mohon tunggu...
Nova Dwi N
Nova Dwi N Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga / 20107030128

Masih belajar nulis, terimakasih supportnya :)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Habis Pecahkan Rekor, Rating Sinetron Ikatan Cinta Turun Drastis?

7 Maret 2021   22:07 Diperbarui: 7 Maret 2021   22:44 271 8 1 Mohon Tunggu...

Sinetron Ikatan Cinta memang menjadi fenomena belakangan ini. Sinetron produksi MNC Pictures yang dibintangi oleh duet maut Arya Saloka dan Amanda Manopo ini sempat memecahkan rekor, dengan rating dan audience share tertinggi dalam sejarah pertelevisian di Indonesia.

Sayangnya rating Sinetron Ikatan Cinta belakangan ini mengalami penurunan. Sinetron ini terus dibicarakan setelah akting terbaru Arya Saloka dan Amanda Manopo tayang.

Setelah memecahkan rekor rating dan share Februari lalu, performa Ikatan Cinta mengalami penurunan. Lima hari lalu, sinetron ini meraih TVR 14,6 dan share 51,4 persen. Sehari berselang, malah turun menjadi TVR 13 dan share 47,2 persen. Kemudian turun lagi dengan TVR 12,8 dan share 48,4 persen.

Minat publik pada sinetron ini juga diketahui menurun drastis. Seperti dalam salah satu potongan cerita yang diunggah di akun Instagram resminya, respon penonton sudah berbeda. Beberapa penonton menilai jalan ceritanya sudah mulai membosankan.

Menyadari rating Ikatan Cinta memburuk, banyak netizen yang mulai berkomentar dengan menebak penyebabnya. Salah satunya bisa saja karena berkurangnya porsi adegan Aldebaran dan Andin.

Berkurangnya adegan tersebut juga karena belakangan ini Amanda Manopo, artis yang memerankan Andin dikabarkan sakit hingga membuatnya sampai harus mendapatkan infus. Untuk berjaga-jaga jika terkena Covid-19, Amanda menjalani tes SWAB dan hasilnya negatif.

Penasaran dengan penyakit yang dideritanya, ternyata terdengar kabar bahwa Amanda terkena tifus. Amanda harus absen dari syuting yang membuat jalan cerita sinetron menjadi berubah.

"Saya harus bed rest dulu karena saya sakit tipes," kata Amanda Manopo dalam live streamingnya di Instagram pribadinya.

Publik juga menilai bahwa jalan ceritanya mulai konstan atau monoton dan hanya berkutat pada masalah yang itu-itu saja. Beberapa netizen bahkan ada yang mengungkapkan secara terang-terangan telah meninggalkan tayangan tersebut.

"Bosen lama-lama nontonnya, ga kelar-kelar tu masalahnya," salah satu komentar netizen. "Aku udah enggak mau nonton," tulis yang lain.

Karena rating menurun, beredar isu bahwa tayangan yang di bintangi Amanda Manopo dan Arya Saloka tersebut mungkin akan ditamatkan dalam waktu dekat. Meski demikian, segenap pihak tetap membantah bahwa sinetron tersebut akan ditamatkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN