Mohon tunggu...
Naurah Nazhifah Azzahra
Naurah Nazhifah Azzahra Mohon Tunggu... Nau!

A human who learning to be human and humanize human.

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Resensi Buku Isti'ab Karya Fathi Yakan

26 Februari 2020   06:55 Diperbarui: 27 Mei 2020   00:43 66 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi Buku Isti'ab Karya Fathi Yakan
1-5ec2ed96097f361d074019b3.png

Judul Buku       : Isti'ab

Pengarang        : Fathi Yakan

Penerbit             : Robbani Press

Tempat Terbit : Jakarta

Tahun Terbit    : 2005

Tebal                    : xi + 156 Halaman

Buku ini adalah salah satu buku yang ditulis langsung oleh Fathi Yakan dari hasil perjalanan beliau berdakwah dan ditulis pada tahun 1983. Beliau menggambarkan istilah Isti'ab sebagai sesuatu yang bersifat asas. Di mana tabiat dakwah adalah terjal dan tak mudah dilalui oleh seorang sufi sekalipun, sedangkan keberhasilan seorang muslim dalam Islam sudah mencapai puncak ketika pokok-pokok isti'ab sudah ada dalam dirinya. 

Maka, Isti'ab yang dimaksud adalah daya tampung/ kemampuan seorang da'i untuk masuk ke dalam objek dakwah (mad'u) serta merekrut mereka dengan adanya perbedaan status sosial, kejiwaan, intelektual dan lain sebagainya.

Buku ini secara ringkas terbagi ke dalam 2 pokok pembahasan. Pertama, kita akan diajak mengenali potensi eksternal/ isti'ab kharaji, yaitu bagaimana da'i mampu merekrut orang-orang yang berada di luar wadah pergerakan untuk masuk kedalamnya. 

Isti'ab Eksternal menekankan pada bagaimana sikap dan tabiat yang seharusnya dimiliki oleh seorang da'i. Diantara 9 sikap tersebut adalah: pemahaman yang mapan tentang islam dan tujuan dakwah, teladan yang baik dan relevan, sabar, tawadhu', memberi kemudahan bukan mempersulit, lemah lembut, murah senyum, pemurah, dan membantu orang lain.

Pemahaman yang matang tentang keislaman dan tujuan dakwah ditujukan untuk menghindari adanya bias yang bisa tercipta sebagai kerikil bahkan batu besar dalam dakwah. Teladan diartikan sebagai bahan percontohan dan bukti konkret dari da'i terhadap apa yang disampaikan kepada mad'u. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN