Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Dosen - Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Nilai Semangka untuk Palestina

8 Februari 2024   07:14 Diperbarui: 8 Februari 2024   07:35 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa bulan lalu atau tepat pada tahun 2023, buah semangka sebagai simbol Negara palestina yang lagi ramai di media sosial, bahkan di beberapa status whatsapp teman menampilkan simbol semangka plestina. "Awalnya saya berpikir, kenapa ya, kok statusnya viral dengan buah semangka" terus dikait-kaitkan dengan palestina. 

Semangka palestina bukan hanya sekedar simbol semangka saja, karena semangka itu bagian dari warna bendera palestina yang akan dikibarkan saat diperangi sadis yang dilakukan oleh zonis Israel. Dunia tahu, bahwa ada perbuatan dan tindakan tentara Israel melanggar Hak Azasi Manusia (HAM). 

Banyak menelan korban, sudah sampai ribuan yang meninggal dunia akibat kekejian dan sadisnya tentara Israel baik anak kecil, ibu-ibu, bahkan sampai kakek dan nenek-pun ikut tertembak oleh senjatanya Israel.

Dilihat dari banyaknya korban di Palestina, masyarakat Indonesia ikut bersuara melakukan protes keras terhadap kekejian yang dilakukan oleh Tentara Irael "yang membabi buta dan tidak pandang bulu" siapapun bisa menjadi korban terutama masyarakat Negara Palestina.

Bentuk protesnya adalah, salah satu sumbangsih untuk memboikot produk-produk dari Israel agar tidak dibeli atau digunakan oleh masyarakat Indonesia. Karena konon, sebagian hasil dari produk tersebut akan menyumbang untuk membunuh saudara kita khusus di Palestina.

Tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, pemerintah dan pemerintahan Indonesia memberikan bantuan kepada Palestine sebagai bentuk dan tindakan sosial yang peduli terhadap situasi yang sangat tragis yang memunculkan kegelisaan, kecemasan, kesedihan dan memiluhkan baik warga palestine maupun warga negara lain seperti China, Korea Utara, Rusia, Indonesia dan lain sebagainya ikut meraskan.

Mengutip laman www.ri "Indonesia mengirim bantuan kemanusian berupa Dompet Dhuafa menyumbangkan 1.000 matras, 660 selimut dewasa, dan 1.000 selimut bayi. terus memberikan bantuan berupa makanan, kesehatan, air, sumber energi dan lain sebagainya," terang Arif Rahmadi Haryono selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa sesuai menghadiri pelepasan bantuan yang dilakukan Presiden RI Joko Widodo". 

Bantuan ini menjadi harapan warga palestine - Gaza yang sedang krisis ketersediaan bantuan makanan, minuman, serta kebutuhan sehari-hari lainnya. Tidak hanya Indonesia, tindakan sosial seperti ini dilakukan juga dari beberapa Negara lain ikut pertisipasi memberikan bantuan baik yang menjado kebutuhan pokok dan lain sebagainya. 

Makna Semangka Sebagai
Dukungan Palestina : 

Seperti yang sudah diuraikan diatas bahwa warga masyarakat Palestina membentuk kekuatan melalui buah semangka dengan menyebarkan melalui media sosial, berharap dan memohon kepada warga massyarakat seluruh Duni untuk bisa memberikan pertolongan dan mengulurkan tangan terutama terhadap serangan Zonis Israel.

Oleh karenanya "Simbol buah semangka" disambut dengan baik khususnya warganet yang menyaksikan melalui media sosial seperti di tiktok, facebook, instagram, twitter, Whatsapp, dan media sosial lainnya. Berkomentar tentang kebiadaban Zonis Israel yang secara terang-terangan menyerang tanpa balas kasihan, siapapun yang berada disekitar menjadi sasaran penembakkan atau alat perang lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun