Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Baju Lebaran, Menuju Hari Kemenangan

5 Mei 2021   20:43 Diperbarui: 5 Mei 2021   20:48 417 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Baju Lebaran, Menuju Hari Kemenangan
Foto: wolipop.detik.com dan abdimadrasah.com


Setelah Tunjangan Hari Raya (THR) diterima, saatnya beli baju baru? Menjadi kebahagiaan umat muslim bila bisa beli baju untuk lebaran, suatu kebiasaan karena untuk merayakan hari lebaran dan menikmati kemenangan setelah melaksanakan 30 hari berpuasa. 

Bulan suci Ramadan, bulan yang penuh berkah dan penuh kenikmatan. Dalam menjalankan aktivitas selama bulan puasa sudah pasti ingin merencanakan atau memperkirakan kebutuhan yang akan dibeli terutama baju baru untuk hari lebaran.

Sebetulnya baju baru tidak harus belinya saat lebaran, hari biasa diluar lebaran bisa juga beli baju baru dan tidak beli baju baru lebaran tidak apa-apa juga. Namun terkadang terasa iba terhadap diri sendiri, anak, istri, keluarga karena tidak bisa beli baju baru. 

Baju baru lebaran tidak menjadi keharusan namun itulah pentingnya membuat rencana kebutuhan dan keinginan yang akan dibeli menjelang hari lebaran. Mustahil selama setahun lamanya dengan aktivitas bekerja tentunya bisa menyimpan uang untuk keperluan lebaran, artinya bisa membeli baju lebaran tersebut.

Kesenangan dan keceriaan sangat bisa dirasakan saat beli baju lebaran untuk anak-anak terutama beli baju anak sendiri, untuk ponakan, untuk adik, dan untuk saudara lainnya. "Cerita ini sudah pasti dialami setiap pembaca, karena pada dasarnya kita semua melalui proses menjadi anak kecil dan menunggu juga baju lebaran dari kedua orang tua kita masing-masing". 

Selanjutnya bagaimana menurut ajaran Islam berpakaian saat lebaran "berpakaian dihari lebaran terdapat dalam hadis Nabi. Yang diriwayatkan Al Bukhori menyatakan, saat Lebaran, Nabi Muhammad menganjurkan untuk menggunakan untuk menggunakan pakaian yang terbaik".

Yang dimaksudkan dengan pakaian terbaik adalah pakaian yang bersih, tidak bau, licin, di setrika, rapi dan tentunya menutup aurat terutama bagi umat muslim baik laki-laki maupun perempuan diantaranya juga, yang sedang menjalani hari lebaran tersebut. 

Dari penjelasan diatas bahwa sesungguhnya tidak menjadi suatu kewajiban baju baru untuk lebaran, melainkan menggunakan pakaian yang terbaik. Hal ini bisa saja baju lebaran tahun belakangan, baju simpanan, baju kesayangan, dan lain sebagainya. 

Dari sisi lain tidak bisa dihindari bahwa perasaan dan pikiran manusia pasti ingin memiliki hidup seperti manusia lainnya, artinya ingin hidup lebih hidup tentunya mempunyai dan memenuhi kehidupan baik masa sekarang maupun masa akan datang seperti kebutuhan sehari-hari baik sandang, pangan dan papan.

Ingin punya gaya menggunakan baju baru saat lebaran hal yang bisa dirasakan setiap umat muslim yang menikmati hari kemenangan "Idul Fitri"  namun itu semua bukan gaya memang sudah waktunya untuk menghargai sesama manusia dan yang paling penting untuk menghadapi Allah-SWT. Baju lebaran merupakan cermin jiwa seseorang untuk menampilkan diri agar di nilai orang menjadi suci dan bersih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x