Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Meningkatkan Kepedulian Lingkungan dan Motivasi Belajar Online untuk Efektivitas Siswa

5 April 2021   06:02 Diperbarui: 5 April 2021   06:11 139 1 2 Mohon Tunggu...


Oleh : Noto Susanto, SE, MM, CSTMI, CPHCM, CNHRP, CHLP, CPS (Dosen Universitas Pamulang).

Pada hari ini, Minggu 4 April 2021 melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM), di lokasi JL. Panda Raya No.50, Kelurahan : Pondok Raji, Kecamatan : Ciputat Timur, Kota : Tangerang selatan, Provinsi Banten.

Sebelum kegiatan PKM, melakukan pengarahan kepada semua mahasiswa dan mahasiswi UNPAM untuk mempersiapkan akomodasi, ruang kelas, pemasangan spanduk, sertifikat, peralatan dan perlengkapan kerja bakti, area kerja bakti dan lain sebagainya.

Koordinasi dengan pak Saudin Noor,S.Ag (Kepala Sekolah MTS Nurul Falah) menyampaikan maksud dan tujuan  terkait pelaksanaan PKM, dengan harapan bisa memberikan kontribusi terkait kepedulian lingkungan sekolah khususnya  untuk MTS Nurul Falah.

Implementasi tema PKM "Meningkatkan kepedulian lingkungan dan motivasi belajar online untuk efektivitas Siswa dan Siswi MTS Nurul Falah".  Tema PKM tersebut digabungkan dari 4 kelompok yang berbeda-beda judul materi, sehingga secara laporan akhir terpisah terutama dalam menganalisa kegiatan.

Kelompok PKM mahasiswa dan mahasiswi bagian menentukan laporan akhir pelaksanaan PKM, artinya setelah selesai melaksanakan PKM membuatkan laporan sebagai syarat untuk sidang skripsi. Selain ini juga, sebagai edukasi agar mahasiswa dan mahasiswi lebih bermanfaat terhadap lingkungan masyarakat baik komunikasi, sosialisasi, dan lain sebagainya.

Dari beberapa kelompok yang mengikuti PKM adalah Fahrurozi, Dodi, Agung, Nanang, Agus, Arim, Ibnu, Awaludin, Yani, Chaidir, Raynol, Sahrul, Annisa, Sri, Asep, Haerudin, Syahrul, Ardiansyah, Soleh, dan Reinhard,  Dengan jumlah 20 orang mahasiswa atau mahasiswi.

Sebagai dosen pembimbing, memberikan pandangan kedepan terkait pelaksanaan PKM, agar meningkatkan daya pikir terutama menganalisa kegiatan yang akan berbentuk laporan akhir PKM. Dengan demikian keterlibatan masing-masing kelompok menjadi penentuan dalam membuat laporan PKM tersebut.

Selanjutnya pembukaan oleh Bapak Saudin Noor.S.Ag (Sebagai kepala sekolah MTS Nurul Falah), mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa dan mahasiswi Universitas Pamulang (UNPAM) akan memberikan kontribusi terhadap lingkungan terutama kepada sekolah MTS Nurul Falah.

Dilanjutkan dengan ungkap pak Sudin Noor, bahwa pentingnya pendidikan ditengah pandemi covid-19 menjadi pemikiran jangka panjang yang mempengaruhi kondisi sosial dan ekonomi. Yang dirasakan sekolah MTS Nurul Falah, bahwa siswa bertambah namun bukan suatu membawa berkah, tapi memang sudah kewajiban untuk meneruskan sekolah.

Maka dari itu, bapak Saudin Noor berpesan kepada mahasiswa dan mahasiswi UNPAM, sebagai generasi penerus tetap membangun kemauan dan mempunyai keinginan untuk mewujudkan cita-cita untuk dimasa akan datang. Tentunya melalui do,a, usaha, kerja keras dengan harapan penuh perjuangan dan pengorbanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x