Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

13 Makna Kampus Merdeka

19 Maret 2021   06:25 Diperbarui: 19 Maret 2021   06:34 143 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
13 Makna Kampus Merdeka
Gambar via beritasatu.com


Oleh : Noto Susanto, SE, MM, CSTMI, CPHCM, CNHRP, CHLP, CPS.

Tentunya hal ini sudah tidak asing lagi, apa itu Kampus Merdeka atau bagian dari kebebasan dalam belajar? Kampus merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan dari kampus merdeka memberikan kebebasan untuk menetapkan mahasiswa dalam memilih belajar diluar kelas yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. Bahwa mahasiswa dan mahasiswi belajar dua semester diluar kampus.

Dalam penjelasan kampus merdeka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Makarim, ada hubungannya dengan Visi dan Misi Presiden Republik Indonesia Bapak Ir.H.Joko Widodo, yang menyampaikan untuk menjadi SDM yang unggul.

Hubungan SDM unggul dan kampus merdeka bagian untuk mempersiapkan mahasiswa dan mahasiswi menghadapi dunia kerja yang semakin ketat dalam persaingan mencari pekerjaan.

SDM unggul tentunya mempunyai keterampilan dan kemampuan yang memadai dengan melakukan pembelajaran diluar kampus, artinya hal tersebut bagian orientasi dan beradaptasi dilingkungan kerja yang semakin hari, makin sulit pula mendapatkan pekerjaan.

Perguruan tinggi manapun khususnya di Indonesia, menyusun strategi dan perencanaan yang konmperenshif untuk menghadapi dari berbagai macam hambatan dan tantangan, dalam menentukan kelulusan mahasiswa dan mahasiswi tentunya menginginkan serta memiliki nilai memuaskan, hal ini seharusnya tidak hanya teori diatas nilai baik, namun praktek di lapangan akan lebih dibutuhkan terutama di dunia kerja.

Implementasi konsep pembelajaran kampus merdeka akan membawa SDM ke arah ruang lingkup dunia pekerjaan, walaupun hanya kegiatan belajar diluar kampus namun secara praktek, mahasiswa dan mahasiswi sudah mempunyai modal didalam menjalankan hirarki dunia bekerja.

Pada umumnya belum setiap pengurusan menerapkan kampus merdeka, namun secara sosialisasi pemerintah sudah menghimbau kepada kampus atau perguruan tinggi tetap melakukan inovasi dan perubahan terutama dalam kegiatan belajar mengajar, dilingkungan terbuka yang berhubungan dengan masyarakat, perusahaan, organisasi, dan instansi tertentu.

Analisanya adalah perencanaan pemerintah untuk menjadi mahasiswa dan mahasiswi sejak dini, dalam orientasi terhadap mental dan kemampuan ke dunia kerja. Sehingga dengan pengalaman pembelajaran diluar kampus, lebih mudah menerapkan disiplin kerja dengan berbagai macam fenomena dilingkungan kerja tersebut.

Selanjutnya penulis menterjemahkan dan menganalisa tulisan dari "Oleh Admin Sevima, 09 September 2020" dengan "link artikel https://sevima.com/apa-itu-merdeka-belajar-kampus-merdeka/". Artinya tulisan ini penulis mencoba menguraikan berdasarkan pengalaman sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi dan sebagai karyawan di salah satu perusahaan  swasta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN