Oleh : Noto Susanto, SE, MM, CSTMI, CPHCM, CNHRP, CHLP, CPS (Dosen Universitas Pamulang)
Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Prodi Manajemen Universitas Pamulang Tema "Penerapan Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Bagi Warga Desa Cicalengka RT 002/RW 002 Kecamatan Pagedangan"Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang bersama mahasiswa melaksanakan  Pengabdian kepada masyarakat di Desa Cicalengka RT 002/RW 002 Kecamatan pada tanggal 13 September 2020.
Program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi kepada mitra yaitu pelaku usaha UKM di Desa Cicalengka RT 002/RW 002 Kecamatan Pagedangan. Sosialisasi tersebut berupa pemaparan materi terkait permasalahan yang dihadapi mitra.Â
Materi yang disampaikan tentang penerapan manajemen pemasaran dalam usaha kecil dan menengah bagi warga desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan yang selanjutnya dapat diterapkan oleh mitra dalam kegiatan usahanya.
Desain kemasan produk merupakan salah satu faktor penting yang dapat menguatkan branding bisnis dalam persaingan yang semakin ketat.
Desain kemasan yang menarik dan berkualitas menjadi pembeda antara brand yang kita dengan kompetitor. Desain packaging unik dan menarik tentunya menerapkan beberapa hal penting yang bisa memengaruhi sukses atau tidaknya sebuah bisnis.
Pada pelatihan sesi kedua ini dilakukan penyampaian materi tentang membuat konten promosi yang mudah di ingat oleh pelanggan. Untuk membuat konten yang berkualitas, satu hal yang perlu diketahui adalah apa yang sedang menjadi trend di mesin pencari google.
Untuk mengetahui hal ini bisa diakses melalui Google Trends. Dengan  mengakses trends.google.com kita dapat lihat apa yang sedang menjadi bahan perbincangan saat ini. Setelah kita mengetahui tren topik yang sedang diperbincangkan oleh masyarakat, langkah selanjutnya adalah memilih dan menyesuaikan tren yang cocok dengan bisnis atau usaha UKM mitra.
Setelah konten telah dibuat, langkah selanjutnya adalah untuk mendistribusikannya Distribusi konten dapat dilakukan melalui sosial media, website, blog, dan channel promosi lainnya. Pastikan mendistribusikan konten yang dibuat secara rutin agar lebih banyak audiens yang didapatkan.
Setelah materi selesai dipaparkan, dilanjutkan dengan diskusi berupa tanya jawab antara pemateri dengan peserta. Diskusi dilakukan agar peserta lebih memahami materi yang telah disampaikan. Melalui diskusi, sosialisasi tidak hanya sekedar transfer knowledge saja melainkan dapat berbagi pengalaman maupun permasalahan yang sedang dihadapi mitra.