Mohon tunggu...
Nopela Rahma Dona
Nopela Rahma Dona Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dinamika Kelompok Relawan Penggerak Pendidikan di Sekolah Pinggiran Sriwijaya

4 Oktober 2022   15:05 Diperbarui: 4 Oktober 2022   15:54 76 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dinamika kelompok adalah suatu kelompok yang terdiri dari dua atau lebih individu yang memiliki hubungan psikologis secara jelas antara anggota satu dengan yang lain dan berlangsung dalam situasi yang dialami.

Dinamika Kelompok di Relawan Penggerak Pendidikan tepatnya di Sekolah Pinggiran Sriwijaya adalah suatu kumpulan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama untuk berkontribusi dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas. RPP dinaungi oleh lembaga sosial kemanusiaan yaitu Satu Amal Indonesia. 

Sekolah Pinggiran Sriwijaya berada di TPA Karya Jaya, kec. Kertapati, Kota Palembang. 

Dinamika kelompok yang terjadi di Sekolah Pinggiran Sriwijaya termasuk Dinamika Kelompok Primer yaitu kelompok sosial yang didalamnya terjadi interaksi sosial dimana anggotanya saling mengenal dekat dan berhubungan erat dalam kehidupan sehari-hari.

Sekolah Pinggiran Sriwijaya menjadi wadah bagi adik-adik dari cakupan PAUD sampai kelas 6 SD yang selalu antusias belajar di setiap hari Rabu dan Minggu dari jam 13.00-16.00 WIB . Kegiatan Belajar Mengajar di SPS selalu berlangsung dengan meriah karena antusias dari adik-adik disana yang sangat luar biasa. Kegiatan belajar biasanya dimulai dari berbaris rapi, ice breaking, berdoa sebelum belajar, belajar, sholat ashar bersama adik-adik dan seluruh relawan, kemudian berbaris rapi untuk pulang, berdoa pulang, pamitan disertai memberikan Snack buat adik-adik SPS. 

Sekolah Pinggiran Sriwijaya tidak hanya berlangsung kegiatan belajar saja tapi ada beberapa kegiatan-kegiatan lain seperti merayakan 17 Agustus yang di ikuti adik-adik serta masyarakat sekitar yang sangat antusias, memberikan makan sehat kepada adik-adik SPS serta masyarakat sekitar, collab bersama organisasi dan mahasiwa di palembang serta kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan lain nya yang tentu nya disetiap kegiatan yang berlangsung terdapat unsur dinamika kelompok karena disetiap kegiatan terjadi interaksi baik dari individu ke individu, kelompok ke kelompok, ataupun individu ke kelompok 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan