Mohon tunggu...
Sosbud

Karnaval Meriahkan Sedekah Bumi Desa Mantingan

14 Agustus 2018   15:52 Diperbarui: 14 Agustus 2018   18:55 0 1 0 Mohon Tunggu...
Karnaval Meriahkan Sedekah Bumi Desa Mantingan
Arak-arakan Karnaval Mantingan ( Sumber: Dokumen Pribadi)

Dalam rangka sedekah bumi dan menyambut HUT Kemerdekaan RI Ke-73, pemerintah Desa Mantingan menggelar kegiatan kirab budaya pada Sabtu, (11/08). Bertempat di Desa Mantingan, acara ini diikuti oleh 1400 peserta terdiri dari 29 Rukun Tetangga di Desa Mantingan.

Agenda tahunan tersebut menyedot antusiasme warga yang memadati rute karnaval mulai dari Jl. Sultan Hadlirin (Perbatasan Desa Sukodono) melewati Jl. Jepara Bugel dan finish di Balai Desa Mantingan.

Salah satu penonton mengatakan, "Para peserta pawai sangat kreatif, apalagi pemakaian kostum yang menarik dan karakter yang diperankan membuat suasana semakin meriah", tutur Zumroh.

Dalam karnaval tersebut masing-masing RT mendelegasikan satu kelompok peserta pawai dengan beradu kreativitas kostum, ogoh-ogoh, arak-arakan gunungan serta diiringi dengan tongtek dan marching band.

Gunungan hasil bumi yang telah diarak kemudian di diperebutkan oleh warga yang di dahului dengan do'a untuk mengharapkan keberkahan. Rangkaian puncak acara dari sedekah bumi dilanjutkan dengan santunan yatama dan pertunjukan wayang kulit di malam harinya.