Mohon tunggu...
Mas Rofi
Mas Rofi Mohon Tunggu... Guru - Percayakan pada Ahlinya semua konten Digital sekolah

Pembelajar yang selalu berusia 24 tahun, dan akan selalu berusia 24 tahun sampai kapanpun, bercita satu memberikan yang terbaik untuk sebanyak-banyak manusia.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Hanya Butuh Kurang dari 60 Detik untuk Terbang, Pilot Sekolah Pemegang Kuncinya!

13 September 2022   05:00 Diperbarui: 13 September 2022   05:09 68 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pagi yang indah di Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten. Saat itu, penerbangan terjadual pukul 06.00 WIB, dan semua sudah boarding lebih kurang satu jam sebelumnya.

Tidak berhenti-berhenti pandangan mata melihat ke banyak pesawat yang parkir di hanggar. Sembari ada pertanyaan bergelayut di fikiran bahwa semua kendaraan ini akan terbang tinggi mengangkasa membawa banyak penumpang didalamnya.

Saya masih meyakini, lembaga pendidikan persis layaknya pesawat dengan segala keunggulan didalamnya. Ia mampu menjelajah lintas negara, memiliki daya angkut yang banyak dan sistem manajerial yang tertata sangat rapih dengan tata kelola zero mistakes.

Setelah masuk diruang kabin, hehehehe... Saya mode 'pesawat' kan mobile phone untuk kemudian bisa dipakai mendokumentasikan proses take off dari start ngegas hingga terbang.

Ternyata, dari rekaman yang ada, diketahui bahwa hanya butuh kurang dari 60 detik sebuah pesawat mengangkasa.

Seperti itulah gambaran yang akan dihadapi oleh semua lembaga pendidikan yang memiliki tekad terbang sangat tinggi menjangkau tempat yang lebih jauh dengan daya dorong berlebih.

Ada dua hal utama yang wajib diperhatikan yang menjadi faktor penentu suksesnya sebuah penerbangan, pertama Jam Terbang Pilot, dan yang kedua Koordinasi antar team didalamnya.

Jam Terbang Pilot.

Banyak data kompleks yang butuh difahami untuk menerbangkan sebuah pesawat besar, mulai dari memastikan semua mesin dalam keadaan prima, mengetahui arah angin, dan lainnya yang semuanya bisa dimonitor di dashboard kokpit pesawat.

Orang biasa sangat sulit untuk mampu membaca data-data diatas. Hanya yang terlatih saja yang bisa melakukannya. Siapakah pilot di sekolah? Pasti Kepala sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan