Mohon tunggu...
NOFIYANTO
NOFIYANTO Mohon Tunggu... dibuat untuk edukasi dan pembelajaran

nofiyanto umur 25 tahun

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penertiban Pasar Peniron dengan Meningkatkan Antusias Warga Menggunakan Masker dan Edukasi Tips Mencegah Covid-19

5 Juli 2020   08:40 Diperbarui: 5 Juli 2020   08:58 12 1 0 Mohon Tunggu...

PENERTIBAN PASAR DESA PENIRON DENGAN MENINGKATAN ANTUSIAS WARGA DESA PENIRON UNTUK MENGGUNAKAN MASKER DAN MENGEDUKASI TIPS AMAN MASA COVID-19

Melonjaknya kasus covid-19 di Indonesia membuat warga harus mengubah kebiasaan hidupnya. Desa Peniron sebagai tempat penelitian sekaligus pengabdian masyarakat untuk memberdayakan masyarakat tentang covid-19 sehingga KKN di Desa Peniron dilaksanakan selama 45 hari sejak 15 Mei-30 Juni 2020 dengan program kegiatan edukasi keagamaan yang memperhatikan prinsip keselamatan dari covid-19, edukasi tips aman masa covid-19 dan pola hidup sehat selama masa covid-19.

Salah satu kegiatan yang menarik pada sabtu, 23 Mei 2020 di Pasar Peniron sudah mulai tertib dalam pelaksanaan jual beli dengan melaksanakan protokol kesehatan. Pengawasan dari kepala desa dan kepolisian masih diadakan. Hal ini bertujuan agar antusias warga Desa Peniron dalam melaksanakan kegiatan di pasar menjadi tertib.

Pada pagi hari, sabtu (23/05) juga diadakan edukasi  tentang penyebaran dan pencegahan covid-19 dan tips aman saat bepergian ketika melalui selebaran. edukasi ini  dilaksanakan oleh Nur Alfi Farikhah (K7117168) mahasiswa KKN di Desa Peniron di bawah bimbingan Bapak Eko  Supri Murtiono, S.T., M.T dan bekerjasama dengan pihak kepolisian yang telah mendapat tugas untuk menjalankan pengawasan di pasar desa peniron selama kurang lebih 1 jam. Kegiatan membagikan selebaran ini juga dibarengi dengan kehadiran kepala desa peniron yang turut melakukan pengawasan terhadap aktivitas warga Desa Peniron di pasar.

Adanya penertiban dan edukasi di pasar desa peniron mendapat respon yang memuaskan. Warga juga sudah mematuhi aturan dan anjuran menggunakan masker saat melakukan aktivitas jual beli di pasar. Tidak ditemukan warga yang tidak menggunakan masker saat memasuki wilayah pasar. Oleh karena itu, aktivitas di pasar Desa Peniron sudah tergolong aman dan baik untuk dicontoh oleh masyarakat secara luas. Dari adanya edukasi tersebut menjadikan warga Desa Peniron lebih siap dan berani dalam menjalani akivitas dengan pola hidup yang baru.

VIDEO PILIHAN