Mohon tunggu...
Noeradji Prabowo
Noeradji Prabowo Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Konsultan manajemen dengan pengalaman lebih dari 30 tahun membantu berbagai industri/jasa perusahaan di Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Terbuat dari Apa Otak Kita?

28 Februari 2024   10:20 Diperbarui: 28 Februari 2024   10:28 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
NewScientist - Weekly February 24 - March 1, 2024 

Bagaimana sel-sel otak yang baru ditemukan membuat kita memikirkan kembali pikiran manusia. Jenis sel baru yang aneh terus terungkap di otak manusia. Berdasarkan hitungan terakhir, ada lebih dari 3.300, dan kita bahkan tidak tahu apa yang dilakukan sebagian besar dari mereka -NewScientist - Weekly February 24 - March 1, 2024 - Jason Arunn Murugesu - (https://www.newscientist.com/article/mg26134791-500-how-newly-discovered-brain-cells-have-made-us-rethink-the-human-mind/ )-

Sangat aneh untuk berpikir bahwa kita masih tidak tahu otak kita terbuat dari apa. Namun, meski sudah berpuluh-puluh tahun berlalu penelitian dan pengembangan teknik pemindaian berteknologi tinggi, itu adalah kebenaran. Tentu, kami tahu dasar-dasarnya. Rata-rata berat otak manusia kurang lebih 1,4 kilogram dan memiliki konsistensi tahu yang lembut -lihat catatan di akhir artikel*)-. Dia terdiri dari dua jenis sel umum: neuron, yang melakukan pemikiran, dan glia, yang mendukung mereka. Tetapi di bawah uraian sederhana ini terdapat kompleksitas yang mencengangkan -- kompleksitas yang terus berlanjut mengejutkan para ahli saraf.

Semua orang tahu neuron, itu sel yang mengirimkan impuls listrik antara area otak yang berbeda. Otak Anda berisi sekitar 86 miliar di antaranya dan mereka masuk banyak varietas yang berbeda tergantung pada bentuk, fungsi dan properti. Tapi masih banyak kita tidak tahu tentang mereka. Ambil pinggul mawar neuron yang ditemukan pada tahun 2018. Dinamakan berdasarkan bentuknya, sel tampaknya meredamnya aktivitas listrik neuron lain. Menariknya, tidak ada yang setara sel di otak tikus, meskipun faktanya bahwa tikus cenderung memiliki analog sel otak manusia lainnya. Kami tidak begitu tahu banyak tentang apa yang mereka melakukannya di otak manusia, kata Rebecca Hodge di Allen Institut Ilmu Otak di Seattle, Washington, yang merupakan bagian dari tim yang menemukan sel tersebut.

Glia, yang juga nomor sekitar 86 miliar di otak manusia, adalah bahkan lebih sulit untuk dijabarkan. Nama mereka diambil dari Kata Yunani untuk lem dan memang begitu lama dianggap tidak lebih daripada mengagungkan dukungan struktural untuk neuron. Kita sekarang tahu glia itu memainkan beberapa peran kunci dalam otak fungsi. Misalnya satu jenis disebut oligodendrosit yang menghasilkan selubung mielin isolasi itu membantu neuron mengirimkan listrik impuls. Mikroglia, sementara itu, adalah sel kekebalan otak: mereka menjelajah berkeliling mencari tanda-tanda peradangan dan kerusakan lainnya dan kemudian berkumpul untuk membersihkannya. Dan astrosit berbentuk bintang membantu mengatur aliran darah di otak, antara lain.

Pada bulan September 2023, gambarnya menjadi lebih rumit lagi. Andrea Volterra di Universitas Lausanne, Swiss, dan miliknya rekan menggambarkan jenis baru sel otak manusia yang tampaknya bertindak sebagai hibrida antara neuron dan glia. "Perbatasan antar neuron dan glia jauh lebih fleksibel dibandingkan awalnya berpikir, katanya. "Kita Penemuan menunjukkan bahwa beberapa astrosit juga memiliki molekul dan fitur fungsional neuron." Itu sel yang ditemukan timnya tampaknya terlibat dalam memori spasial, yang, misalnya, memungkinkan Anda menavigasi rute yang sudah dikenal. Tapi kita masih masih jauh dari pemahaman penuh peran mereka di otak, kata Volterra.

Namun variasi tipe sel ini adil puncak gunung es. Pada bulan Maret 2023, peneliti di Allen Institute melaporkan hasil dari penelitian yang mereka lihat pada 4,1 juta sel dari seluruh otak tikus. Mereka mengidentifikasi 5200 yang menakjubkan berbagai jenis sel berdasarkan fungsinya aktivitas genetik, yang menunjukkan fungsi sel. Sebagian besar --sekitar 5000 -- adalah neuron, dengan glia membuat sisanya.

Peneliti Institut Allen dan yang lainnya telah ditunjukkan bahwa teknik yang sama dapat digunakan untuk memetakan jenis sel pada manusia otak. Pada bulan Oktober 2023, yang pertama rancangan seluruh otak manusia atlas sel diterbitkan, terdiri dari lebih dari 3300 jenis sel. Dari analisis paling komprehensif sampai saat ini, memeriksa keseluruhan otak manusia bukan hanya wilayah itu. walaupun resolusinya jauh lebih rendah dibandingkan dengan penelitian tikus, Hodge penuh harapan bahwa atlas sel lengkap dimungkinkan. Namun, tambahnya, kita masih sangat jauh dari mengetahui bagaimana semua sel ini terhubung satu sama lain untuk membuat pikiran manusia. "Ini akan memakan waktu penelitian bertahun-tahun lagi untuk memahami sepenuhnya," katanya.

Catatan: *)

Membandingkan otak dengan tahu yang lembut merupakan metafora yang sering digunakan untuk menggambarkan sifat jaringan otak yang halus dan mudah rusak. Berikut adalah beberapa aspek dari metafora ini:

Tekstur dan Sensitivitas: Tahu yang lembut dikenal dengan teksturnya yang halus dan mudah pecah, mirip dengan sifat jaringan otak yang lembut dan rapuh. Otak adalah organ yang sangat sensitif, dan bahkan cedera ringan pun dapat menimbulkan konsekuensi yang signifikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun