Mohon tunggu...
Noca Verona
Noca Verona Mohon Tunggu... Mahasiswa - Profil Pribadi

Thanks for supporting me to write this blog, hope you'll enjoy it!

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Dampak Buruk Terlalu Sering Makan Mie Instan

25 September 2021   02:36 Diperbarui: 25 September 2021   02:47 91 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dampak Buruk Terlalu Sering Makan Mie Instan
ilustrasi foto (shutterstock.com/derkien)

Mie instan adalah makanan yang sanat digemari oleh semua kalangan,dari kalangan muda maupun kalangan tua. Tak heran jika mie instan digemari oleh masyarakat luas Karena selain rasanya yang lezat,mie instan juga memiliki harca yang sanat terjangkau. Bagaimana tidak tergiur? pasalnya mie instan dengan harga Rp.2000-Rp.5000 kita sudah bisa merasakan nikmat dan kenyangnya menyantap mie instan.

Tetapi dibalik mie instan yang lezat dan murah terdapat beberapa resiko yang sangat serius jika kita terlalu sering mengkonsumsi mie instan secara terus menerus,terutama untuk anak kos yang sering kali lebih mengedepankan  harda yang murah dan praktisnya makanan ini.

Kita perlu tahu bahwa di dalam kandungn komposisi mie instan banyak yang tidak baik untuk tubuh,dilansir dari https://www.suara.com mie instan data menyebabkan gangguan pada perut yaitu pencernaan,hal itu diakibatkan oleh serat dan nutrisi yang terkandung dalam mie instan sangat rendah. Sembelit bisa menyerang jika tubuh tak dapat cukup asupan serat. Kandungan nutrium yang aangaat tinggi juga data memicu terjadinya stroke.

Ilustrasi foto (pixabay.com)
Ilustrasi foto (pixabay.com)


Sebuah penelitian dari Korea juga mengatakan bahwasannya meningkatnya konsumsi mie instan erat dengan resiko syndrome metabolik yang diakibatkan oleh kandungan sodium dan lema jenuh yang sangat tinggi yang terdapat dalam mie instan. Mie instan juga dapat mengakibatkan diabetes Karena mengandung banyak sekali karbohidrat yang tidak berguna bagi tubuh,mie yang terbuat dari tepung tepungan juga mengandung gula yang data memicu pankreas untuk melepaskwan insulin dengan segera. Akibatnya,diabetes pun data terjadi.

Mie instan yang di konsumsi secara terus menerus juga bisa mengakibatkan penyakit liver karna di dalamnya mengandung pengawet dan zat zat aditif,jika zat zat seperti itu dikonsumsi dalam jumlah yang besar maka dopat menekan kerna liver dan resiko nya bisa mengakibatkan kerusakan liver.

Selain penyakit penyakit di atas,mie instan juga berdampak pada obesitas, pasalnya lemak jenuh yang terkandung dalam mie instan cukup tinggi sekitar 13-14gr lemak jenuh. dilansir dari hellosehat.com angka ini sudah memakan seminar 40% dari kebutuhan harian manusia.

Gejala-gejala kecanduan mengkonsumsi mie instan;

1. Lebih bersemangat jika menemukan menu mie instan.

2. Keinginan untuk mengkonsumsi mie instan yang sangat besar.

3. Lebih memilih mie instan daripada makanan sehat yang tersedia dirumah ataupun disekitar.

Beberapa cara untuk mengatasi ketagihan mengkonsumsi mie instan;

1. Ganti bahan dasar mie dengan sayur kol atau bayam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan